HUBUNGI KAMI

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center : 0804 100 1000 / 022-731 7400 Fax. 022-733 2451
SMS/WA Centre : 0815 7300 1555
BBM : 5D4F850C
Instagram
Flickr
Path
Youtube
RSS Feed
News
June
14
Takbiran Idul Fitri menurut Rasulullah SAW
Posted By Najmah on 14 Jun 2018 08:33

Setiap tanggal 1 Syawal kita berhari raya ‘Iedul Fitri. Wahai Saudariku, ketahuilah bahwa hari raya ini merupakan rahmat Allah yang diberikan kepada umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Disebut ‘Ied karena pada hari itu Allah memberikan berbagai macam kebaikan yang kepada kita sebagai hambaNya. Diantara kebaikan itu adalah berbuka setelah adanya larangan makan dan minum selama bulan suci Romadhan dan kebaikan berupa diperintahkannya mengeluarkan zakat fitrah.

Para ulama telah menjelaskan tentang sunah-sunah Rasulullah yang berkaitan dengan hari raya, diantaranya:

Read more »



June
14
Shalat Idul Fitri
Posted By Najmah on 14 Jun 2018 08:42

Berikut adalah panduan ringkas dalam shalat ‘ied, baik shalat ‘Idul Fithri atau pun ‘Idul Adha. Yang kami sarikan dari beberapa penjelasan ulama. Semoga bermanfaat.

Hukum Shalat ‘Ied

Menurut pendapat yang lebih kuat, hukum shalat ‘ied adalah wajib bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang dalam keadaan mukim.

Dalil dari hal ini adalah hadits dari Ummu ‘Athiyah, beliau berkata,

Read more »



June
11
Lailatul Qadar
Posted By Najmah on 11 Jun 2018 01:52

Keutamaan Lailatul Qadar

Saudaraku, pada sepertiga terakhir dari bulan yang penuh berkah ini terdapat malam Lailatul Qadar, suatu malam yang dimuliakan oleh Allah melebihi malam-malam lainnya. Di antara kemuliaan malam tersebut adalah Allah mensifatinya dengan malam yang penuh keberkahan. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ (3) فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ (4)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan [44] : 3-4). Malam yang diberkahi dalam ayat ini adalah malam lailatul qadar sebagaimana ditafsirkan pada surat Al Qadar. Allah Ta’ala berfirman,

Read more »



June
08
Keutamaan Zakat, Infaq dan Sedekah
Posted By Najmah on 08 Jun 2018 03:01

Sesungguhnya seluruh ibadah yang Allah Subhanahu wata'ala syariatkan untuk hamba-hamba-Nya, pasti dan tentu ada keutamaan yang terkandung didalamnya, baik kita semua ketahui hal tersebut ataupun masih tersembunyi dan hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja, oleh karena itu keutamaan atau keistimewaan dan keunggulan serta hikmah suatu ibadah bukanlah tujuan utama dalam pelaksanaan ibadah tersebut, namun hanya sebagai salah satu faktor pendorong untuk melaksanakan ibadah tersebut dengan sebaik-baiknya hanya karena Allah, secara terus menerus istiqomah di jalan-Nya.

Definisi Zakat, Infaq dan Sedekah

Zakat, infak dan sedekah hakekatnya adalah satu namun dengan ungkapan dan hukum yang berbeda, karena zakat itu juga adalah sedekah sebagaimana firman Allah Subhanahu wata'ala :

{خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا} [التوبة: 103]

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, [Attaubah (9):103]

Read more »



June
06
10 Hari terakhir di bulan Ramadhan
Posted By Najmah on 06 Jun 2018 02:39

Memasuki 10 hari terakhir di bulan ramadhan merupakan hari yang paling dinanti oleh umat muslim hampir di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, 10 hari terakhir di bulan ramadhan memilliki keistimewaan sendiri bagi umat islam yaitu, adanya malam Lailatul Qadar atau malam seribu bulan.

Memang tidak dijelaskan kapan malam Lailatul Qadar, namun seperti yang diriwayatkan oleh HR Bukhari, Lailatul Qadar biasanya terjadi di hari ganjil pada 10 hari terakhir ramadhan.

Aisyah mengatakan, “Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadhan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah,” (HR Al-Bukhari).

Read more »



June
04
Khatam Al-Quran
Posted By Najmah on 04 Jun 2018 07:09

Alhamdulillah bulan suci Ramadhan tiba dan kita masih dapat merasakannya. Di bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini kita akan terlatih untuk mengendalikan nafsu, bukan hanya nafsu makan saja namun juga nafsu lainnya yang ada di dalam diri kita. Istimewanya lagi, di Bulan Ramadhan semua kebaikan yang kita lakukan pahalanya akan dilipatgandakan.

Mengkhatamkan Alquran misalnya. Banyak orang melakukannya karena ingin memanfaatkan momentum bulan suci ini, juga Nuzulul Qur’an. Berbagai kegiatan seperti tadarus dilakukan demi bisa mengkhatamkan Alquran sejumlah 30 Juz.

“Siapa yang membaca satu huruf Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Read more »



June
02
Malam Nuzulul Quran
Posted By Najmah on 02 Jun 2018 01:48

Nuzulul Qur'an yang secara harfiah berarti turunnya AlQuran adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Al Qur'an diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.

Diyakini peristiwa Nuzulul Quran ini pada malam 17 Ramadhan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. البقرة

'Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak Peringatan terhadap turunnya Alquran diwujudkan oleh masyarakat dalam berbagai acara, ada yang dengan mengadakan pengajian umum.

Read more »



May
30

Keutamaan istiqomah dalam islam adalah satu kata yang biasanya kita dengar manakala seseorang mendoakan dirinya maupun orang lain, terlebih khusus dalam suatu pekerjaan yang berkaitan dengan agama alias ibadah. Umumnya kita terdengar kata-kata ini diucapkan kepada orang-orang yang baru masuk Islam, alias mualaf atau orang yang baru berhijrah untuk lebih baik, akan tetapi doa tersebut tidak berbatas pada mereka saja.

Tidak sedikit orang yang berdoa dan mencari cara agar dirinya sendiri tetap istiqamah dijalan Allah. Orang yang seperti ini kiranya adalah orang yang telah sadar  bahwa istiqamah adalah barang yang sangat berharga. Istiqomah merupakan ketetapan hati dalam beribadah kepada Allah.

Read more »



May
28
10 hari kedua di bulan Ramadhan
Posted By Najmah on 28 May 2018 03:26

Pembagian Hari Di bulan Ramadhan

Selama satu bulan di dalam bulan suci ramadhan memiliki banyak keutamaandiantaranya yaitu bulan penuh rahmat , bulan penuh maghfirah , dan bulan ifkumminannar .

Dasar hadit tentang pembagian hari di bulan ramadhan 

  • Hadist Riwayat Abu Hurairah radhiallohu’anhu , ia berkata bahwa

Rasulullah saw bersabda :

Read more »



May
25
Shalat Tarawih Sebagai Pengganti Shalat Malam ?
Posted By Najmah on 25 May 2018 06:43

Ketahuilah bahwa shalat tahajud merupakan bagian dari shalat malam yang di mana shalat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur. Demikian pendapat Imam Nawawi dalam Syarh Al-Muhaddzab. Oleh karenanya tidaklah bertentangan antara niat shalat malam dan shalat tahajud. Siapa yang mengerjakan shalat malam setelah bangun tidur, ia disebut sebagai orang yang bertahajud dan shalatnya dianggap pula sebagai shalat malam.

Kalau seseorang sudah mengerjakan shalat tarawih dan ditutup witir, maka ia boleh menambah shalat tahajud lagi di malam harinya dengan beberapa tinjauan sebagai berikut:

  1. Perintah mengerjakan shalat malam bersama imam hingga imam selesai
Read more »



May
23
Anjuran Nabi Muhammad agar tidak tidur setelah sahur
Posted By Najmah on 23 May 2018 06:19

Waktu sahur antara jam 3 hingga setengah 5 memang jadi waktu yang enak ketika seseorang sedang terlelap. Makanya pada jam-jam ini masih banyak yang meninggalkan sunnah sahur karena merasa mengantuk, atau bangun dalam keadaan mengantuk berat.

Tidur setelah sahur tidak diharamkan, tapi sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini berdasar tuntunan nabi Muhammad SAW bahwa makan sahur jangan dilewatkan, dan sunnah untuk diakhirkan waktunya hingga menjelang subuh atau waktu imsyak.

Read more »



May
21
Lebih banyak berinteraksi dengan Al-Quran
Posted By Najmah on 21 May 2018 08:55

Menghafal Alquran adalah aktivitas terbaik. Apa saja yang berhubungan dengan Alquran bakal dimuliakan Allah SWT. Contohnya Lailatul Qadar sebagai malam diturunkannya Alquran, serta bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang.

Read more »



May
19
Ibadah Shaum Rasulullah SAW
Posted By Najmah on 19 May 2018 02:35

 

Puasa di bulan ramadhan adalah kewajiban kepada seluruh umat Islam. Setiap kaum Muslimin melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya untuk mengharap ridho, kasih sayang dan ampunan Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183). Kata ‘kutiba’ dalam ayat ini berarti diwajibkan.

Rasulullah memerintahkan umatnya agar memulai puasa di bulan Ramadhan karena telah melihat bulan, dan mengakhiri bulan Ramadhan untuk berlebaran karena melihat bulan. Jika bulan tak terlihat karena mendung, sempurnakan hitungan hari pada bulan Sya'ban atau bulan Ramadhan sampai tiga puluh hari.

Read more »



May
18
Sahur Ala Rasulullah SAW
Posted By Najmah on 18 May 2018 03:11

Baginda Rasulullah SAW merupakan panutan bagi kita. Setiap kalamnya, perbuatannya, dan gerak-geriknya patut kita contoh. Sehingga, mudah-mudahan menjadi keberkahan bagi kita yang mengikutinya.

Bersahur adalah anjuran Rasulullah SAW, seperti diriwayatkan bahwa Rasul bersabda, “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR Bukhari Muslim).

Hadis tersebut menunjukkan, seorang yang berpuasa diperintahkan untuk bersahur karena di dalamnya terdapat kebaikan yang banyak serta keberkahan yang agung, baik di dunia maupun di akhirat.

Anjuran ini dipertegas dalam hadis-hadis yang lain, di antaranya adalah Sabda Rasulullah, “Pembeda antara puasa kita dan puasa ahlul kitab adalah makanan sahur.”

Read more »



May
18
10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan
Posted By Najmah on 18 May 2018 07:29

Sebab menjalankan puasa di 10 pertama Ramadhan akan mendapatkan curahan rahmat. Sangat sulit memulai 10 hari pertama Ramadhan, karena sebab adaptasi dan harus menyesuaikan diri, baik dari keseharian, kemudian berkaitan dengan ketahanan tubuh dan kebiasaan setiap harinya, di mana aktivitas kita makan siang kemudian malam. Namun kemudian harus menjalani ibadah puasa yang dimulai dengan sahur pertama dan kemudian berbuka.

Sebab fase-fase 10 hari pertama Ramadan memang merupakan fase terberat dan tersulit karena merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh hingga magrib.

Read more »



May
17
Mengajak anak belajar berpuasa
Posted By Najmah on 17 May 2018 02:28

 

Menjalankan Ibadan puasa di bulan ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang memang telah di perintahkan oleh Allah SWT bagi setiap umat Islam. Bahkan ibadah yang mulia ini merupakan salah satu dari rukun islam. Berpuasa ini sangat di anjurkan untuk di lakukan oleh seluruh umat Islam, pria atau wanita, anak-anak atau bahkan dewasa. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua harus melakukan cara mendidik anak untuk menjalankan Ibadan puasa.

Read more »



May
17
Tarhib Ramadhan
Posted By Najmah on 17 May 2018 02:30

Ramadhan adalah bulan istimewa, tamu yang agung. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menyebutkan keistimewaan bulan Ramadhan:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ ، صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَاب ، وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَاب ، وَيُنَادِي مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ

“Pada malam pertama dari bulan Ramadhan, maka setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat akan diikat, ditutup pintu-pintu neraka dan tidak ada satu pun pintu neraka yang dibuka, dibuka pintu-pintu surga dan tidak ada satu pun pintu surga yang ditutup, dan akan ada penyeru berkata, “Wahai yang menginginkan kebaikan, kemarilah! Dan wahai yang menginginkan keburukan, kurangilah!” Dan Allah memerdekakan hamba-hambaNya dari neraka di setiap malam bulan Ramadhan.”

Read more »



May
17
Amalan utama Ramadhan
Posted By Najmah on 17 May 2018 02:31

Sesungguhnya bulan Ramadhan yang mulia ini akan terasa begitu singkat. Hari-harinya akan berlalu begitu cepat, meninggalkan kita penuh penyesalan jika tidak segera tersadar untuk mengisinya dengan berbagai kebaikan. Isyarat begitu dalam tentang hari-hari Ramadhan kita dapatkan setelah ayat perintah kewajiban berpuasa, dimana Allah SWT berfirman:

…يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu...” [QS. Al-Baqoroh: 183-184]

Read more »



May
17
Shalat Tarawih Pertama
Posted By Najmah on 17 May 2018 03:01

Salat sunnah yang hanya dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan ini tentu sudah ditunggu-tunggu umat islam. Karena, banyak sekali keutamaan yang akan diraih bagi umat Islam yang melaksanakannya.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, pahala shalat tarawih yang dilaksanakan secara ikhlas sama dengan pahala shalat semalam penuh.

مَنْ قَامَ مَعَ اْلإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

“Barang siapa qiyamul lail bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya (pahala) qiyam satu malam (penuh).” [HR Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibn Majah,dan Nasa’i,)

Read more »



May
15
Manusia yang disukai Dajjal di akhir zaman
Posted By Najmah on 15 May 2018 08:40

Akhir zaman menjadi satu hal yang pasti terjadi dan patut diimani oleh umat Muslim. 

Termasuk tanda dan apa yang akan terjadi dalam proses menuju penghujung waktu dunia itu. 

Namun hal yang paling mengerikan mendekati akhir zaman adalah fitnah dajjal. 
Makhluk yang akan menyebabkan kehancuran itu, akan mendatangi semua manusia kecuali dua kota yang tidak bisa ia masuki Madina dan Mekkah. 

Artinya, semua penjuru negeri akan didatangi Dajjal untuk mengajak semua manusia menjadi pengikutnya. 

Namun tahukah, ada dua orang lelaki yang sangat disukai Dajjal.

Siapa dia?

Read more »



May
15

Al Qur’an adalah salah satu kita Allah dan Keajaiban Alqur’an di dunia nyata telah banyak diketahui. Fungsi Alqur’an bagi umat manusia juga amatlah besar. Percaya kepada Alqur’an adalah salah satu rukun iman dalam islam. Membaca Al Qur’an juga merupakan bentuk amal dan tawakkal kepada Allah ( baca Manfaat Tawakkal Kepada Allah SWT).

Surat Al Kahfi atau Ashabul kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang ada dalam juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah (baca Ciri-ciri surat Makiyah dan surat Madaniyah). Dalam surat Al Kahfi terdapat 110 ayat dan merupak surat ke 18 dari keseluruhan 114 surat yang terdapat dalam Al qur’anul karim.

Pentingnya membaca surat al kahfi

Read more »



May
15
Perang Nabi Muhammad di bulan Ramadhan
Posted By Najmah on 15 May 2018 08:45

Bulan Ramadhan tidak sebatas sebagai bulan suci bagi umat Muslim. Dalam sejarah Islam, sejumlah peristiwa besar yang sangat menentukan dan bermakna bagi umat Muslim terjadi di bulan ini. Sedikitnya, ada 11 peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, baik klasik ataupun modern.

  1. Pembebasan Makkah (Fathul Makkah)

Apa itu Fathul Makkah? Peristiwa Fathul Makkah adalah

Read more »



May
11
Rasulullah SAW yang menangis karena ummatnya
Posted By Najmah on 11 May 2018 03:04

Rasulullah Muhammad SAW manusia biasa yang begitu lembut hatinya. Begitu lembut, sehingga beliau kerap diketahui sahabat tengah menangis. Para sahabat yang melihat kekasihnya menangis pun tak tahan pula menitikan air mata.

 

Diriwayatkan Ibnu Masud, Nabi bersabda kepadaku, bacakanlah Alquran untukku. Lalu aku berkata, wahai Rasulullah, bagaimana aku bisa membacakan Alquran untukmu sementara Alquran sendiri diturunkan kepadamu. Beliau bersabda, aku ingin mendengar bacaan orang lain. Lalu aku bacakan surah An-Nisa.

Read more »



May
11
Manusia yang disukai Dajjal di akhir zaman
Posted By Najmah on 11 May 2018 03:05

Akhir zaman menjadi satu hal yang pasti terjadi dan patut diimani oleh umat Muslim. 

Termasuk tanda dan apa yang akan terjadi dalam proses menuju penghujung waktu dunia itu. 

Namun hal yang paling mengerikan mendekati akhir zaman adalah fitnah dajjal. 
Makhluk yang akan menyebabkan kehancuran itu, akan mendatangi semua manusia kecuali dua kota yang tidak bisa ia masuki Madina dan Mekkah. 

Artinya, semua penjuru negeri akan didatangi Dajjal untuk mengajak semua manusia menjadi pengikutnya. 

Namun tahukah, ada dua orang lelaki yang sangat disukai Dajjal.

Siapa dia?

Read more »



May
11

Al Qur’an adalah salah satu kita Allah dan Keajaiban Alqur’an di dunia nyata telah banyak diketahui. Fungsi Alqur’an bagi umat manusia juga amatlah besar. Percaya kepada Alqur’an adalah salah satu rukun iman dalam islam. Membaca Al Qur’an juga merupakan bentuk amal dan tawakkal kepada Allah ( baca Manfaat Tawakkal Kepada Allah SWT).

Surat Al Kahfi atau Ashabul kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang ada dalam juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah (baca Ciri-ciri surat Makiyah dan surat Madaniyah). Dalam surat Al Kahfi terdapat 110 ayat dan merupak surat ke 18 dari keseluruhan 114 surat yang terdapat dalam Al qur’anul karim.

Pentingnya membaca surat al kahfi

Read more »



May
09
Optimalkan Ibadah di Bulan Syaban
Posted By Najmah on 09 May 2018 06:26

Bulan Sya’ban adalah bulan yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadhan. Bulan ini memiliki banyak keutamaan. Ada juga ibadah-ibadah yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisinya dengan memperbanyak berpuasa di bulan ini sebagai persiapan menghadapi bulan Ramadhan. Bulan ini dinamakan bulan Sya’ban karena di saat penamaan bulan ini banyak orang Arab yang berpencar-pencar mencari air atau berpencar-pencar di gua-gua setelah lepas bulan Rajab. Ibnu Hajar Al-‘Asqalani mengatakan:

 

وَسُمِّيَ شَعْبَانُ لِتَشَعُّبِهِمْ فِيْ طَلَبِ الْمِيَاهِ أَوْ فِيْ الْغَارَاتِ بَعْدَ أَنْ يَخْرُجَ شَهْرُ رَجَبِ الْحَرَامِ وَهَذَا أَوْلَى مِنَ الَّذِيْ قَبْلَهُ وَقِيْلَ فِيْهِ غُيْرُ ذلِكَ.

“Dinamakan Sya’ban karena mereka berpencar-pencar mencari air atau di dalam gua-gua setelah bulan Rajab Al-Haram. Sebab penamaan ini lebih baik dari yang disebutkan sebelumnya. Dan disebutkan sebab lainnya dari yang telah disebutkan.”

Read more »



May
09
Berbaik sangka kepada Allah
Posted By Najmah on 09 May 2018 06:29

Sebagai hamba-Nya yang selalu mendapatkan rahmat dan karunia, hendaknya kita selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Berbaik sangka kepada Allah dilakukan dengan mengharap ridho Allah, berdoa, tawakal, serta memohon ampunan dan pertolongan. Sebagaimana firman Allah SWT:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِينَ هَاجَرُوا۟ وَجَٰهَدُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ أُو۟لَٰٓئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ ٱللَّهِ ۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(Q.S. Al Baqarah:218)

Read more »



May
09
Mukjizat Rasulullah SAW
Posted By Najmah on 09 May 2018 06:34

Mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang berlaku pada nabi dan rasul dengan izin Allah SWT. Mukjizat tidak mampu ditiru oleh manusia biasa. Kali ini SICOM memuat mukjizat-mukjizat Nabi Muhammad SAW yang melebihi 300. Semoga dapat membawa manfaat.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki Nabi Muhammad untuk membuktikan kenabiannya. Dalam Islam, mukjizat terbesar Muhammad adalah Al-Qur’an. Selain itu, Muhammad juga diyakini pernah membelah bulan pada masa penyebaran Islam di Mekkah dan melakukan Isra dan Mi’raj tidak sampai satu hari.

Read more »



May
09
Agar di cintai Allah SWT
Posted By Najmah on 09 May 2018 06:37

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

أحبُّ الناسِ إلى اللهِ تعالى أنفعُهم للناسِ وأحبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سرورٌ يُدخلُه على مسلمٍ أو يكشفُ عنه كُربةً أو يقضي عنه دَينًا أو يطردُ عنه جوعًا ولأن أمشيَ مع أخٍ في حاجةٍ أحبُّ إليَّ من أن أعتكفَ في هذا المسجدِ ( يعني مسجدَ المدينةِ ) شهرًا ومن كفَّ غضبَه ستر اللهُ عورتَه ومن كظم غيظَه ولو شاء أن يمضيَه أمضاه ملأ اللهُ قلبَه رجاءَ يومِ القيامةِ ومن مشى مع أخيه في حاجةٍ حتى تتهيأَ له أثبت اللهُ قدمَه يومَ تزولُ الأقدامُ

manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau hilangkan

Read more »



May
09
Mentadaburi Quran
Posted By Najmah on 09 May 2018 06:55

Dengan keterbatasan kita masing-masing dalam memahami bahasa Arab dan Ilmu tafsir, kadang kita mengalami kesulitan untuk memahami isi kandungan Al Quran dengan baik, padahal kita diperintah oleh Allah agar bisa mentaburinya. Allah berfirman:

أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْءَانَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلاَفاً كَثِيرًا


"Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya" (QS. An-Nisa: 82).

Read more »



May
07
Qadha Puasa
Posted By Najmah on 07 May 2018 09:01

Pengertian ‘Qadha’ Puasa

Secara bahasa kata Qada’ atau Qadha berarti ‘melaksanakan atau memenuhi’ entah itu kewajiban atau amalan sunnah. Dan adapun pengertian menurut istilah adalah sebuah ibadah yang dilakukan diluar dari waktu yang telah ditentukan menurut aturan syar’i karena adanya uzur, misalnya saja pada puasa yang kita bahas sekarang ini yang mana pelaksanaannya dilakukan diluar bulan Ramadhan dikarenakan adanya halangan untuk melakukannnya tepat waktu.

Read more »



May
04
Sutrah Dalam Shalat
Posted By Najmah on 04 May 2018 02:32

Jumhur (mayoritas) ulama mengatakan meletakkan sutrah di hadapan orang yang shalat adalah sunah, tanpa menggunakan sutrah shalatnya tetap sah, tetapi dia telah meninggalkan sunah. Segolongan lain mengatakan wajib memakai sutrah. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz Rahimahullah berkata:

 “… Tetapi sutrah itu bukan kewajiban, itu hanyalah sunah, maka siapa saja yang shalat tanpa sutrah maka tidak apa-apa.” (Fatawa Nuur ‘Ala Ad Darb, 9/307)

Dalam kesempatan lain, Beliau juga mengatakan:

Read more »



April
27
Hikmah Dibalik Peristiwa Isra Miraj Rasulullah SAW
Posted By Najmah on 27 Apr 2018 03:12

Pada suatu malam yang dingin tanggal 27 Rajab, tepatnya 10 tahun setelah Rasulullah SAW menerima wahyu kenabian, Allah SWT. memberangkatkan hamba-Nya yang terkasih-Nya dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian naik ke langit ke-7 menuju Sidratul Muntaha. Semuanya tentu tahu tentang peristiwa tersebut karena setiap tahunnya umat muslim di Indonesia memperingatinya. Tapi adakah di antara mereka yang mengetahui peristiwa tersebut kemudian memahami ‘kenapa Allah memberangkatkan seorang hamba-Nya yang bernama Muhammad SAW itu?’

Read more »



April
26
Meneladani Akhlak Rasulullah SAW
Posted By Najmah on 26 Apr 2018 04:24

Kepribadian menggambarkan keimanan seseorang. Kita bisa mengetahui keimanan seseorang melihat dari tingkah laku kesehariannya. Rasulullah sendiri telah menetapkan tujuan pertama dari bi’tsahnya, dan cara yang terang dalam dakwahnya, yaitu dengan sabda beliau yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, :

  انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق

Sesungguhnya aku hanya diutus untuk menyempurnakan budi pekerti luhur.”(HR. Bukhari, Abu Daud, dan Hakim)

Read more »



April
25
Olahraga yang di Sunnahkan Rasul
Posted By Najmah on 25 Apr 2018 03:13

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tak mudah terkena penyakit. Tubuh yang bugar usai berolahraga akan membuat kita lebih produktif menjalani hari-hari kita dengan serangkaian aktivitas, tak terkecuali ibadah. Ternyata ajaran Islam pun sangat menyarankan umatnya untuk berolahraga, hal ini terbukti dari beberapa hadist mengenai aktivitas olahraga Rasulullah. Kata olahraga memang tidak secara langsung disebutkan, tapi kita dapat memahaminya dari penjelasan hadist tersebut.

1. Lari

Diceritakan oleh Aisyah RA:

Read more »



April
24
Inilah Manusia yang Paling Sibuk Saat di Akhirat
Posted By Najmah on 24 Apr 2018 02:27

Hari kiamat merupakan peristiwa kehancuran alam semesta dan menjadi awal bagi kehidupan yang kekal. Sebelum menuju surga atau neraka, umat manusia akan dibangkitkan lalu dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk menjalani pengadilan dari Allah SWT.


Pada hari itu, semua manusia hanya akan memikirkan dirinya sendiri. Bahkan, ketika orang tua, suami, dan anak disebelahnya diseret oleh malaikat, mereka tidak akan saling menolong karena lebih mementingkan nasibnya sendiri.

Namun, ada manusia yang tidak henti-hentinya kesana kemari memohon kepada Allah untuk

Read more »



April
20
Bicara Baik atau Diam
Posted By Najmah on 20 Apr 2018 06:12

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata, Seseorang mati karena tersandung lidahnya dan seseorang tidak mati karena tersandung kakinya tersandung mulutnya akan menambah (pening) kepalanya sedang tersandung kakinya akan sembuh perlahan.”

Sungguh beruntung orang yang banyak diam ucapannya dihitung sebagai makanan pokok tidak semua yang kita ucapkan ada jawabnya jawaban yang tidak disukai adalah diam sungguh

Read more »



April
19
Manfaat Mendengarkan Cerita Anak
Posted By Najmah on 19 Apr 2018 06:25

 

Anak-anak pada dasarnya adalah sosok manusia baru yang benar - benar baru  yang ada didunia ini sehingga mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Serta mereka juga perlu untuk memiliki wawasan yang luas dari orang - orang yang lebih dewasa disekitar mereka yang otomatis memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengalaman dibanding mereka. Anak - anak sangat amat perlu untuk dituntun dan ditunjukkan mana baik dan mana buruk. Karena memang benar mereka layaknya kertas putih sehingga perlu coretan baiknyang menjadikan mereka sesuatu yang bermanfaat.

Perlu diketahui bahwa anak - anak juga memiliki perasaan layaknya kita, walaupun mereka sendiri tidak bisa mendefinisikan perasaan mereka sendiri. Bahkan mereka memiliki perasaan yang lebih halus daripada pada orang dewasa. Maka perlu digaris bawahi bahwa anak - anak juga perlu tempat untuk bercerita, perlu orang - orang yang mau mendengarkan cerita mereka dan mampu memilahkan mana yang baik dan buruk untuk mereka, sekali lagi agar mereka tidak tersesat.

Read more »



April
18
Pilar Utama Keikhlasan
Posted By Najmah on 18 Apr 2018 06:40

Ikhlas ialah, menghendaki keridhaan Allah dalam suatu amal, membersihkannya dari segala individu maupun duniawi. Tidak ada yang melatarbelakangi suatu amal, kecuali karena Allah dan demi hari akhirat. Tidak ada noda yang mencampuri suatu amal, seperti kecenderungan kepada dunia untuk diri sendiri, baik yang tersembunyi maupun yang terang-terangan, atau karena mencari harta rampasan perang, atau agar dikatakan sebagai pemberani ketika perang, karena syahwat, kedudukan, harta benda, ketenaran, agar mendapat tempat di hati orang banyak, mendapat sanjungan tertentu, karena kesombongan yang terselubung, atau karena alasan-alasan lain yang tidak terpuji; yang intinya bukan karena Allah, tetapi karena sesuatu; maka semua ini merupakan noda yang mengotori keikhlasan.

Read more »



April
17
Menjadi Pribadi yang Menyenangkan di Hadapan Allah SWT
Posted By Najmah on 17 Apr 2018 03:26

Menjadi mulia adalah keinginan setiap manusia, namun tidak setiap manusia mengetahui hakekat kemuliaan. Kemuliaan yang hakiki adalah mulia di sisi Allah.

Mulia di sisi Allah pasti mendatangkan keberkahan yang sebenarnya. Lalu ukuran apakah yang bisa digunakan untuk menilai seseorang mulia di sisi Allah atau tidak?
Satu-satunya ukurannya adalah ketaqwaaan. Jika seseorang sudah mencapai derajat taqwa, dia telah mulia di sisi Allah. Semakin tinggi tingkat ketaqwaannya, semakin mulia kedudukannya di sisi Allah. Sekadar ber-Islam dan beriman tanpa bertaqwa bukanlah ukuran mulia di sisi Allah. Apatah lagi harta, kedudukan, jabatan, profesi, gelar akademik dan gelar-gelar lainnya, prestasi akademik dan prestasi-prestasi lainnya, pakaian kebesaran dan pakaian-pakaian lainnya, popularitas, ketampanan atau kecantikan, dan hal-hal yang bersifat duniawi lainnya.

Read more »



April
16
Air Terbaik di dunia
Posted By Najmah on 16 Apr 2018 03:43

Kehadiran air zam zam tidak terlepas dari keajaiban yang dipertontonkan oleh Allah SWT, sebagai mukjizat kepada umat manusia melalui Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar, dan banyak sekali keistimewaannya, bahwa Allah memang bermaksud menyediakan sumber air ditengah-tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, hal ini sebagai konsekwensi atas perintahnya kepada Nabi Ibrahim AS, guna mengundang sebanyak-banyaknya umat manusia ke Baitullah.

Read more »



April
13
Bahaya Penyakit Ain
Posted By Najmah on 13 Apr 2018 07:24

Apa itu Penyakit ‘Ain?

Secara harfiah, penyakit ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Sehingga, apa yang dilihat oleh hati yang hasad dapat membahayakan orang lain. Penyakit ‘Ain bukanlah penyakit medis, tetapi dapat mengganggu kesehatan orang yang terkena ‘Ain. Yang paling rentan terkena penyakit ‘Ain adalah anak – anak dan balita, karena mereka masih lemah dan belum bisa membentengi dirinya sendiri dari pengaruh jahat di sekitarnya. Tidak menutup kemungkinan, akan menimpa orang dewasa, ibu hamil, hewan.

Read more »



April
12
Bermadzhab
Posted By Najmah on 12 Apr 2018 06:27

Bermadzhab merupakan perintah Al-Qur’an, yang merupakan esensi dalam menjalankan perintah Allah untuk mengikuti para ulama sebagai ahli waris Nabi shalallahu’alaihi wasallam . Sebab mengikuti pendapat ulama, pada dasarnya bermadzhab terhadap pendapat ulama tersebut.

Di sisi lain muncul kesalahpahaman terkait istilah bermadzhab. Di mana istilah ini, seringkali dipahami dengan makna mewajibkan diri atau orang lain untuk mengikuti satu mazhab tertentu. Meskipun tanpa disadari mereka yang menolak madzhab yang diakui dalam sejarah Islam, lebih mengidolakan dan mewajibkan orang lain untuk mengikuti “madzhab” tertentu pada hari ini, yang sama sekali belum teruji atau melalui proses seleksi alam, sebagaimana dilalui 4 madzhab fiqih yang ada.

Read more »



April
11
Aqiqah
Posted By Najmah on 11 Apr 2018 07:25

Aqiqah itu berarti memutus dan melubangi, dan ada juga yang mengatakan bahwa akikah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa akikah merupakan rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. Aqiqah adalah sembelihan yang disembelih untuk anak yang baru lahir. Pengarang kitab Mukhtar Ash Shihhah mengatakan: " Al-'Aqiqah atau Al-'Iqqah artinya adalah rambut makhluk yang baru dilahirkan, baik manusia atau binatang. Dinamai pula daripadanya binatang yang disembelih untuk anak yang baru lahir pada hari keseminggunya.

Read more »



March
29
Sujud Terakhir Dalam Shalat
Posted By Najmah on 29 Mar 2018 04:03

Salah satu waktu yang pas bagi kita untuk berdoa ialah ketika sujud. Ya, ketika sujud kita memohon apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Sujud terakhir dalam shalat itu paling utama. Mengapa ketika sujud? Sebab, sujud itu lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW  bersabda, “Keadaan yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabb-nya adalah ketika sujud, maka perbanyaklah doa (ketika sujud),” (HR. Muslim).

Read more »



March
29
Haji dan Umrah
Posted By Najmah on 29 Mar 2018 09:27

Haji

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan bagi kaum muslim yang mampu secara material, fisik, maupun keilmuan dengan berkunjung ke beberapa tempat di Arab Saudi dan melaksanakan beberapa kegiatan pada satu waktu yang telah ditentukan yaitu pada bulan Dzulhijjah.

Secara estimologi (bahasa), Haji berarti niat (Al Qasdu), sedangkan menurut syara’ berarti Niat menuju Baitul Haram dengan amal-amal yang khusus.Temat-tempat tertentu yang dimaksud dalam definisi diatas adalah selain Ka’bah dan Mas’a (tempat sa’i), juga Padang Arafah (tempat wukuf), Muzdalifah (tempat mabit), dan Mina (tempat melontar jumroh).

Read more »



March
28
Istidraj
Posted By Najmah on 28 Mar 2018 04:14

Istidraj adalah kesenangan dan nikmat yang Allah berikan kepada orang yang jauh dari-Nya yang sebenarnya itu menjadi azab baginya apakah dia bertobat atau semakin jauh.

Sederhananya adalah, jika kita dapati seseorang yang semakin buruk kualitas ibadahnya, semakin tidak ikhlas, berkurang kuantitasnya, sementara maksiat semakin banyak, baik maksiat kepada Allah dan manusia, lalu rezki baginya Allah berikan melimpah ruah, kesenangan hidup begitu mudah didapatkan, tidak pernah sakit dan celaka, panjang umur, bahkan Allah berikan keluarbiasaan pada kekuatan tubuhnya. Maka, hati-hatilah

Read more »



March
27
Ujub Dalam Islam
Posted By Najmah on 27 Mar 2018 09:30

Salah satu sifat tercela yang bisa menjadi salah satu penyakit hati adalah sifat ujub. Mungkin kita sering mendengar kata takabur, riya, dan lain sebagainya tapi belum banyak mendengar tentang sifat ujub. Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud sifat ujub?

Pengertian Ujub

Ujub dalam islam diartikan sebagai perilaku atau sifat mengagumi diri sendiri dan senantiasa membanggakan dirinya sendiri. Sifat ujub adalah salah satu sifat tercela atau sifat yang harus dihindari oleh umat muslim karena sifat ini bisa membuat seseorang menjadi sombong maupun riya. Sifat ujub juga dijelaskan oleh beberapa ulama diantaranya pendapat dari Ibnul Mubarok dan Imam Al Ghazali berikut ini

  • Ibnul Mubarok  berkata, perasaan ‘ujub adalah ketika seseorang merasa bahwa dirinya mempunyai suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.
  • Imam Al Ghozali menyebutkan bahwa perasaan ‘ujub adalah kecintaan seseorang akan suatu karunia yang ada pada dirinya dan merasa memilikinya sendiri serta tidak menyadari bahwa karunia tersebut adalah pemberian Allah SWT. Orang yang memiliki sifat ujub tidak akan mengembalikan keutamaan yang dimiliki tersebut kepada Allah SWT”
Read more »



March
23
Menyiapkan Generasi Akhir zaman
Posted By Najmah on 23 Mar 2018 04:07

SAAT ini kita sampai pada zaman yang diistilahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai berikut:

سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ سَنَوَاتٌ خَدَّاعَاتُ

Akan datang kepada manusia tahun-tahun penuh kedustaan,” sekarang kita telah mengalaminya. Tahun-tahun penuh hoaks. Mengingat di sini menggunakan kata “tahun-tahun” berarti prosesnya akan panjang sampai hari kiamat sehingga kita juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Rasulullah memberikan beberapa indikator tahun-tahun penuh hoaks tersebut:

يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ، وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ، وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ، وَيُخَوَّنُ فِيهَا الْأَمِينُ، وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ» ، قِيلَ: وَمَا الرُّوَيْبِضَةُ؟ قَالَ: «الرَّجُلُ التَّافِهُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ»

Di mana banyak orang-orang yang membenarkan orang yang berdusta dan mendustakan orang yang benar; orang khianat diberi amanah, orang yang amanah dianggap khianat; dan yang berbicara adalah ruwaibidhah,” ketika ditanya tentang itu, beliau menjawab, “Seorang bodoh yang berbicara tentang urusan manusia,” (HR. Ibnu Majah).

Read more »



March
22

Kadang kita memaki keadaan karena tidaklah sesuai dengan selera kita.Kadang kita menyalahkan Allah atas sesuatu hal buruk yang menimpa kita.

Seperti ketika sepasang suami istri yang sedang berkonflik. Mereka akan dengan  mudah menyalahkan satu- sama lain. Si suami mungkin tidak menyenangi salah satu sifat istri, pun demikian halnya dengan sang istri. Rasanya hati sudah penuh sesak dengan amarah, kesedihan dan kesempitan. Ingin rasanya memaki, atau paling tidak mengeluarkan uneg- uneg yang ada. Namun sering kali kemauan itu masih tertahan dengan masih adanya iman.

Read more »



March
19
Mendidik Anak Hafidz Al Qur’an Sejak Dalam Kandungan
Posted By Najmah on 19 Mar 2018 13:34

Sebagaimana fakta yang kita ketahui bahwa bayi yang masih dalam kandungan dapat mendengar suara yang ada disekitarnya. Proses pembentukan indera pendengaran bayi dimulai saat janin berusia 8 minggu. Pembentukannya terus berkembang sampai usia janin berusia 24 minggu, dan saat usia janin 25 minggu ia sudah bisa mendengar suara-suara yang ada disekitarnya termasuk suara kedua orang tuanya. Maka dianjurkan bagi kedua orang tuanya untuk mulai berkomunikasi pada bayinya walaupun masih satu arah. Dan saat inilah proses pembelajaran bahasa pada bayi untuk pertama kalinya, Para peneliti berpendapat kemampuan bahasa pada bayi mulai berkembang sejak mereka masih di dalam rahim. Profesor Kathy Hirsh-Pasik, Kepala Laboratorium Bahasa Bayi di Universitas Temple di Philadeplhia, mengatakan, “Proses pertama perkembangan bahasa terjadi ketika bayi

Read more »



March
16
Keutamaan Istighfar Yang Ada di Dalam Al Quran
Posted By Najmah on 16 Mar 2018 09:43

Berikut beberapa keutamaan keutamaan yang saya rangkum berdasarkan sumber yang terpercaya yaitu Al Quran dan hadist.

  1. Mendapat kebaikan di dunia

Keutamaan istighfar yang pertama adalah mendapatkan kebaikan dunia. Tidak disangka sangka bahwa dengan mengucapkan kalimat astaghfirullah dengan niat yang tulus dan ihklas. Kita akan mendapatkan ganjaran berupa kebaikan di dunia. Seperti yang sudah dijanjikan Allah kepada hambnya dalam Al Quran

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

“Dan minta ampunlah kalian kepada Robb kalian, dan bertaubatlah.

Read more »



March
16
Cara Rasulullah Sambut Ramadhan
Posted By Najmah on 16 Mar 2018 09:48

Persiapan Rasul tersebut bukan hanya bersifat jasmani, melainkan paduan jasmani dan rohani mengingat puasa sebagaimana ibadah yang lain adalah paduan ibadah jasmani dan rohani, di samping ibadah yang paling berat di antara ibadah wajib (fardu) lainnya.

Oleh sebab itu, ia disyariatkan paling akhir di antara ibadah wajib lainnya. Persiapan jasmani tersebut dilakukan oleh Rasul SAW melalui puasa Senin-Kamis dan puasa hari-hari putih (tanggal 13,14 dan 15) setiap bulan sejak bulan syawal hingga Sya’ban.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW senantiasa puasa Senin dan Kamis. Dikatakan kepada beliau, “Wahai Rasul, engkau senantiasa puasa Senin dan Kamis.”

Beliau menjawab, “Sesungguhnya pada setiap hari Senin dan Kamis Allah SWT mengampuni dosa setiap Muslim, kecuali dua orang yang bermusuhan. Allah berfirman, ‘Tangguhkanlah keduanya sampai keduanya berdamai’.” (HR. Ibnu Majah).

Read more »



March
16
Doa Ketika Terjadi Hujan Deras dan Berakibat Banjir
Posted By Najmah on 16 Mar 2018 16:01

Banjir dapat terjadi karena hujan yang terus menerus turun atau karena adanya hujan deras, bisa juga karena banjir kiriman. Jika yang terjadi adalah hujan yang begitu deras di tempat kita atau hujan yang tidak kunjung berhenti, maka kita bisa meminta pada Allah untuk memalingkan hujan tersebut pada tempat yang lebih manfaat dengan mengamalkan do’a yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Do’a yang dimaksud adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

(Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allahumma ‘alal aakaami wadz dzirabi wa buthuunil awdiyati wa manabitis syajari)

Read more »



August
29
Keutamaan Puasa Arafah
Posted By Najmah on 29 Aug 2017 13:31

Salah satu amalan utama di awal Dzulhijjah adalah puasa Arafah, pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini memiliki  keutamaan yang semestinya tidak ditinggalkan seorang muslim pun. Puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Imam Nawawi dalam Al Majmu’ (6: 428) berkata, “Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah, menurut Imam Syafi’ secara ringkas dan ini juga menurut ulama Syafi’iyah bahwa disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.”

Ibnu Muflih dalam Al Furu’ -yang merupakan kitab Hanabilah- (3: 108) mengatakan, “Disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah. Demikian disepakati oleh para ulama.”

Read more »



June
17
Permintaan Di Malam Lailatul Qadar
Posted By Asriyanti Octaviana on 17 Jun 2017 09:48

Oleh: Muhammad Kosim

Suatu ketika, Aisyah RA pernah bertanya kepada Nabi SAW, ”Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab, “Katakanlah (pintalah): Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ ”Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Read more »



May
12
Inilah 6 Pesan Rasulullah SAW Saat Menjelang Bulan Ramadhan
Posted By Rendi Septiyan on 12 May 2017 02:53

Bulan Ramadhan sudah dekat di hati kita. Dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini, yakni bulan yang penuh dengan berkah, di mana sebagai umat muslim kita pastinya bangga menyambut datangnya bulan suci tersebut. Sementara ibadah yang kita lakukan di bulan suci Ramadhan tentunya akan diberkahi dengan pahala yang berlipat ganda.

Maka dari itu, sudah seharusnya kita memiliki persiapan yang sebaik-baiknya. Sehingga nantinya semua ibadah bisa kita tunaikan, layaknya berpuasa, mengerjakan sholat, dan lainnya baik itu ibadah wajib maupun sunah. Dengan begitu, saat kita menjalankan semua amalan ibadah tersebut, bisa berjalan dengan baik dan istiqomah.

Mari kita mengingat pesan-pesan Rasulullah SAW dari apa yang telah beliau sabdakan. Karena dengan mengingat beberapa pesan beliau tersebut, kita bisa menanamkan dalam hati dan pikiran tentang apa yang diamalkan kala bulan suci Ramadhan telah tiba. Hingga akhirnya, keberkahan dan keistimewaan bulan suci Ramadhan bisa kita raih.

Dan inilah pesan Rasulullah SAW di saat menjelang bulan suci Ramadhan, Yang telah dinukil berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Salman al-Farisi. Di dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah SAW sedang bekhutbah  pada akhir bulan Sya’ban, Yang berisi beberapa pesan kepada seluruh umat islam. Sehingga dari hadits tersebut bisa diambil 6 pesan yang bisa disimpulkan sebagai berikut :

Read more »



April
19
Vibrasi Energi Kebahagiaan
Posted By Najmah on 19 Apr 2017 03:02

Teori Quantum Touch mengatakan bahwa jika ada energy berbeda vibrasi didekatkan satu sama lain, maka keduanya akan saling menyelaraskan. Bisa energy yang tinggi vibrasinya menjadi rendah atau sebaliknya atau keduanya bertemu di tengah-tengah. Meminjam teori tersebut, orang yang ingin menggapai bahagia harus menyelaraskan seluruh kehidupannya dengan vibrasi energi kebahagiaan tersebut. Kebahagiaan atau keadaan bahagia memiliki vibrasi energi yang sangat tinggi. Sehingga, jika seseorang ingin menggapainya, dialah yang harus menyelaraskan diri. Agar dapat melakukan penyelarasan energi tersebut, seseorang harus lebih banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan bervibrasi energi tinggi. Kegiatan-kegiatan tersebut banyak macamnya namun biasanya memiliki ciri-ciri tertentu. Martin Seligman, penggagas Psikologi Positif, dan rekannya, Mihaly Csikszentmihalyi, mengatakan bahwa orang akan bahagia jika dia berada dalam keadaan Flow. Yaitu suatu keadaan saat tantangan yang dihadapi dan kemampuan yang dimiliki seseorang seimbang tingkatannya. Orang itu tidak merasa khawatir atau cemas namun juga tidak merasa bosan. Seakan kedua ahli psikologi itu membenarkan secara tidak langsung pendapat Imam Syafii yang mengatakan bahwa air jika diam akan rusak. Demikian pula manusia, yang tidak bergerak akan lemah dan turun tingkat vibrasi energinya. Kegiatan-kegiatan positif seperti olah raga, berbagi pada sesama, beribadah adalah diantara kegiatan-kegiatan yang meningkatkan vibrasi energi tubuh manusia. Sehingga, dengan memperbanyak kegiatan seperti itu, maka kondisi Flow akan tercapai dan kebahagiaan pun akan datang menghampiri.

Read more »



March
08

Anak merupakan aset terbesar orang tua untuk masa depan. Banyak harapan besar yang ditumpukan oleh orang tua kepada mereka. Demi kemajuan anak orang tua bisa mengorbankan apa saja termasuk pendidikannya. Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak. Namun sebagian besar orang tua masih kurang tepat dalam memberikan tuntutan pendidikan bagi anak.
Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar, cerdas dan juara kelas dengan menjejalkan berbagai macam les mata pelajaran di luar jam sekolahnya seketika dia masuk di sekolah dasar. Tanpa adanya bekal yang cukup, tuntutan orang tua yang seperti demikian hanya akan membebani anak.

Read more »



January
12
Menjadi Lebih Baik Itu Mudah
Posted By Najmah on 12 Jan 2017 09:43

Di dalam setiap episode kehidupan kita pasti selalu ingin menjadi yang terbaik dalam segi apapun, entah itu keluarga, pendidikan , karir , atau yang lain. wajar memang karena setiap manusia pasti diciptakan dengan obsesi masing-masing yang ada pada dirinya sendiri. namun tidak jarang banyak orang harus terjatuh berkali-kali sebelum akhirnya mereka bangkit dan menjadi lebih baik. tetapi tidak jarang juga banyak diantara mereka yang tidak bisa bangkit dan hanya meratapi kesedihan mereka dan hanya menyesali apa yang telah mereka lakukan. sesuai dengan yang telah diajarkan di semua agama , Tuhan mengajarkan diri kita untuk tidak menyerah apapun itu , dan selalu berusaha serta berdoa , karena entah besok , lusa atau seterusnya , kita bisa menjadi apa yang kita mau dan kita cita-citakan. karena hanya Tuhan yang tahu apa yang terbaik untuk hamba- Nya. Itulah mengapa kita harus selalu membuka lembaran baru di dalam hidup kita karena itu adalah salah satu contoh hal yang dapat kita lakukan agar kita selalu menjadi lebih baik di setiap harinya.

            Membuka lembaran hidup yang baru sering dikaitkan dengan hidup baru seperti saat kita baru masuk kuliah, baru menikah, memasuki tahun baru, setelah idul fitri , dan sebagainya. Ya mungkin itu bisa dikatakan sebagai lembar hidup baru, namun bukan hanya itu kita bisa membuka lembaran baru kita setiap harinya. ya, setiap hari. lembaran baru bukan berarti sekedar hidup yang baru atau hidup yang berbeda dengan yang sebelumnya. membuka lembaran baru hidup baru bukan hanya setelah terjadi perubahan, justru membuka lembaran hidup baru adalah momen perubahan ke arah hidup yang lebih baik. bukanlah lembaran hidup baru setiap hari agar Anda mendapatkan momen perubahan setiap hari yang artinya perbaikan diri sendiri.

            Jadi tidak peduli bagaimana kelamnya masa lalu, hidup dipenuhi dosa dan kegagalan demi kegagalan, anda bisa menatap masa depan yang lebih baik. kita harus menutup lembaran lama agar tidak menjadi beban dan memberatkan langkah kita di masa depan kelak.           

Read more »



December
22
Info Layanan eDonation
Posted By Najmah on 22 Dec 2016 06:44

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Donatur Rumah Zakat yang dimulaikan Allah. Sehubungan dengan adanya cuti bersama di akhir tahun (tgl 26 Desember dan 2 Januari) 2016. Untuk donasi via payment chanel (eDonation) akan dilakukan penyesuaian waktu layanan proses donasi.

Untuk donasi tgl 23-26 Des akan diproses tgl 27 Des. Dan donasi tgl 30-31 Des, 1-2 Jan akan di proses pada tanggal 3 Des 2017.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan terima kasih atas kepercayaannya berdonasi di Rumah Zakat.

Customer Intimacy Dept

Read more »



November
30
Gerai Booth RZ
Posted By Asriyanti Octaviana on 30 Nov 2016 09:37

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang di Muliakan Allah, untuk membantu bapak dan ibu dalam menunaikan pembayaran zakat infaq dan sadaqah. Alhamdulillah RZ telah membuka gerai booth di beberapa lokasi berikut adalah informasi lokasinya ...

Read more »



November
29
Informasi Pengiriman dan Pengambilan Kornet Superqurban 1437 H
Posted By Asriyanti Octaviana on 29 Nov 2016 09:58

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang baik,

Alhamdulillah Superqurban 1437 H telah berlalu, semoga Allah menerima Qurban yang telah di lakukan oleh bapak dan ibu serta menggantikannya dengan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin...

Kami menginformasikan bahwa RZ telah melakukan pengiriman kornet Superqurban 1437 H kepada donatur sejak 18 November 2016...

Read more »



November
11
RZ Membuka Booth di Masjid Phapros Semarang
Posted By Asriyanti Octaviana on 11 Nov 2016 04:24

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu yang di Muliakan Allah, untuk membantu bapak dan ibu dalam menunaikan pembayaran zakat infaq dan sadaqah. Alhamdulillah RZ akan membuka beberapa gerai booth di beberapa lokasi. Salah satunya berada di Semarang tepatnya di :

Tempat : Masjid Phapros...

Read more »



September
01
Apa itu Superqurban??
Posted By Najmah on 01 Sep 2016 02:20

Superqurban adalah salah satu produk inovasi RZ dalam program optimalisasi pelaksanaan ibadah qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet. Produk Superqurban mampu menjawab permasalahan pendistribusian daging qurban sampai ke daerah-daerah pelosok dan terdepan di nusantara. Kornet yang tahan hingga 3 tahun, dapat didistribusikan sepanjang tahun, dan efektif untuk pembinaan gizi dan aqidah. RZ mendapat banyak dukungan dan apresiasi atas penyelenggaraan hingga distribusi program Superqurban, karena dinilai menjadi inovasi optimalisasi daging hewan qurban.

Superqurban sebagai produk kaya manfaat ini telah dirasakan oleh saudara-saudara kita di wilayah Indonesia Timur, seperti Pulau Tello, Pulau Kayuwadi, Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, Pulau Komodo, Pulau Buton, Pulau Obi, Pulau Raja Ampat yang disebarkan melalui program Ekspedisi Bhakti PMK atau yang dahulu bernama Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara pada Juni 2013 hingga 2014.
Seperti halnya pada tahun 2016 ini, dalam Ekspedisi Bhakti PMK Relawan RZ menyalurkan sebanyak 30.000 kaleng kornet Superqurban di Pulau Bajo Pulo, Pulau Wetar, Pulau Matakus, dan Kaimana. Ini merupakan keenam kalinya, RZ kembali dipercaya Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) untuk turut berpartisipasi dalam Kegiatan Ekspedisi Bhakti PMK ini.

Read more »



August
18
Web Care dapat diakses kembali
Posted By Najmah on 18 Aug 2016 08:10

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,
Alhamdulillah Maintenance Sistem kami telah selesai dilakukan, bapak/Ibu donatur bersamaan dengan ini pula kami sampaikan bahwa web ini dapat diakses kembali

Terimakasih kami ucapkan

Read more »



August
16
Pengumuman : Maintenance Web
Posted By Najmah on 16 Aug 2016 11:05

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,
Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para donatur, saat ini kami sedang melakukan maintenance Sistem sampai dengan 2 x 24 Jam ke depan. Selama proses tersebut berlangsung layanan melalui web ini untuk sementara tidak dapat digunakan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Informasi lebih lanjut hubungi call Centre 0804 100 1000

Read more »



August
04
Permohonan maaf, Keterlambatan pengiriman Laporan
Posted By Najmah on 04 Aug 2016 17:20

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,

Atas nama Rumah Zakat, kami ingin memberitahukan bahwa untuk Laporan Zreport yang biasanya sudah dapat diakses setiap awal bulan, sebagai laporan donasi. Untuk bulan Agustus 2016 ini mohon maaf mengalami keterlambatan. Hal ini dikarenakan terdapat trouble di sistem aplikasi kami. Sehingga laporan ini belum dapat kami sampaikan tepat waktu.

Begitu juga dengan  Laporan Semester Beasiswa Anak Asuh pengiriman Laporan Semester Beasiswa periode Jan- Juni 2016 kepada donatur yang telah mengikuti  Program donasi Beasiswa Ceria dan Beasiswa Juara, belum dapat kami sajikan. Hal yang sama kami alami terjadi trouble pada sistem aplikasi laporan beasiswa

Read more »



June
27
Keutamaan 10 Malam Terakhir Ramadhan
Posted By Najmah on 27 Jun 2016 17:11

Bulan Ramadhan merupakan momentum peningkatan kebaikan bagi orang-orang yang bertaqwa dan ladang amal bagi orang-orang shaleh. Terutama, sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Sebagian ulama kita membagi bulan ini dengan tiga fase: fase pertama sepuluh hari awal Ramadhan sebagai fase rahmat, sepuluh di tengahnya sebagai fase maghfirah, dan sepuluh akhirnya sebagai fase pembebasan dari api neraka. Sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Salman Al Farisi: “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah, dan akhirnya pembebasan dari api neraka.”

Dari ummul mukminin, Aisyah ra., menceritakan tentang kondisi Nabi saw. ketika memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan: “Beliau jika memasuki sepuluh hari terkahir Ramadhan, mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.”

Apa rahasia perhatian lebih beliau terhadap sepuluh hari terakhir Ramadhan? Paling tidak ada dua sebab utama:

Sebab pertama, karena sepuluh terkahir ini merupakan penutupan bulan Ramadhan, sedangkan amal perbuatan itu tergantung pada penutupannnya atau akhirnya. Rasulullah saw. berdo’a:

“اللهم اجعل خير عمري آخره وخير عملي خواتمه وخير أيامي يوم ألقاك”

 

“Ya Allah, jadikan sebaik-baik umurku adalah penghujungnya. Dan jadikan sebaik-baik amalku adalah pamungkasnya. Dan jadikan sebaik-baik hari-hariku adalah hari di mana saya berjumpa dengan-Mu Kelak.” 

Read more »



June
25
Informasi layanan Operasional kantor RZ selama Ramadhan
Posted By Najmah on 25 Jun 2016 14:28

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,

Untuk kemudahan Sobat berbagi di bulan Ramadhan, kantor RZ melayani lebih lama dan tetap buka di hari Sabtu-Minggu dari pukul 08.00 s.d. 20.00 waktu setempat.

Tgl 20 – 26 Juni 2016             : Pukul 08.00 – 20.00 WIB

Tgl 27 Juni – 4 Juli 2016         : Pukul 08.00 – 21.00 WIB

Tgl 5 Juli                                 : Pukul 08.00 – 22.00 WIB

 

Read more »



June
16
Orang-orang yang Merugi Saat Ramadhan Pergi
Posted By Najmah on 16 Jun 2016 14:28

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala nikmat-Nya. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya.

Ramadhan telah berlalu setengah perjalanan, di bulan ini banyak kebaikan, rahmat, dan keberkahan yang ditawarkan. Di dalamnya, hamba Allah yang beriman, memiliki kesempatan besar mengejar ketertinggalan pahala pada hari-hari sebelumnya. Ia pun bisa mengubur dosa-dosa dan kesalahannya di hari-hari lalu. Bahkan, ada Lailatul Qadar, di mana satu malam lebih mulia dari seribu bulan. Amal kebaikan di dalamnya nilainya lebih baik daripada amal serupa dikerjakan selama seribu bulan yang tak ada Lailatul Qadar di dalamnya. Subhanallah, anugerah besar bagi kaum mukminin. Namun, ternyata tak semua orang Islam bisa menyukurinya. Juga tak semua bisa sabar menahan diri dari kesibukannya terhadap dunia dan aktifitas dosa-dosa, guna mengisinya dengan meningkatkan ibadah, shaum, shalat, tilawah, sedekah dan lainnya. Sehingga saat Ramadhan pergi ia menjadi manusia yang merugi. Kenapa bisa? Karena ia tak mampu memetik pahala dan memanen ganjaran yang berlimpah. Bahkan kesalahan-kesalahannya tak juga dihapuskan, sedangkan dosa-dosanya belum jua diampuni.

 

Read more »



June
01
Menjadi Bagian yang Disebutkan dalam Hadits Rasulullah SAW
Posted By Rendi Septiyan on 01 Jun 2016 10:43

By Mrhighsky

Subhanallah, walhamdulillah Ramadhan tinggal sepekan. Hati berbalut bahagia, Namun akan menjadi suatu kebahagiaan lahir dan batin kala kita menjadi golongan/ bagian orang yg disebutkan dlm hadist Rasulullah SAW dan disayang oleh Allah SWT.

Dalam sebuah riwayat Hadist Qudsi dikisahkan...
Ketika Rasulullah Saw tengah duduk berkumpul bersama para sahabat. Di sana berkumpul Abu Bakar, Umar, Utsman, Sayyidina Ali dan sahabat lainnya. Kemudian Rasulullah Saw bertanya : "Wahai sahabatku, tahukah kalian siapa hamba Allah yang paling mulia di sisi-Nya?"

Para sahabat terdiam. Seorang sahabat berkata : "Para Malaikat, Rasulullah, merekalah yang mulia." Rasulullah menjawab: "Ya, para Malaikat itu mulia, mereka sentiasa bertasbih dan beribadah kepada Allah, tapi bukan itu yang dimaksud." Para sahabat kembali terdiam, lalu seorang sahabat berkata: "Ya Rasulullah, tentu para nabi. "Rasulullah tersenyum. Beliau berkata :"Ya, para Nabi itu mulia, mereka adalah utusan Allah. Mereka itu mulia. Tapi ada lagi yang lain."

Para sahabat terdiam. Lalu salah seorang sahabat berkata :"Apakah kami sahabatmu yang mulia itu? "Beliau tersenyum dan berkata :"Tentulah kalian mulia. Kalian dekat denganku. Kalian membantu perjuanganku. Tetapi ada yang lain yang mulia." Lalu siapakah? Apakah Kita termasuk di dalamnya?

Read more »



May
31
RZ Gelar Tarhib Ramadhan
Posted By Najmah on 31 May 2016 12:46

Tiada terasa, tamu agung yang selalu ditunggu, Ramadhan 1437 H, tiba telah bersama kita. Tentu, kehadirannya disambut suka cita dengan hati ceria. Karena tamu istimewa dan luar biasa ini banyak membawa bonus dan oleh-oleh dalam bentuk keberkahan. Keberuntungan ditebarkan bagi kehidupan setiap insan, para hamba Allah SWT, yang betul-betul bertakwa kepada-Nya.

Ahad kemarin (29/05) RZ mengadakan Tarhib Ramadhan terselenggara di 15 Kota yang terdapat kantor Representatif RZ. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan sekaligus memperingati Hari Anak Internasional.

Read more »



May
25
Shaumnya Rasulullah SAW
Posted By Rendi Septiyan on 25 May 2016 13:49

“……Ia adalah bulan yg awalnya rahmah, pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan dari neraka. Maka perbanyaklah 4 hal; 2 hal yg menjadikan Tuhan meridhai kamu dan 2 hal lainnya adalah sesuatu yang paling kamu butuhkan. Kedua yg pertama adalah syahadat dan istigfar, sedangkan kedua yg terahir adalah permohonan masuk surga dan perlindungan dari neraka.”

 

Marhaban Ya Ramadhan. Masya Allah bulan penuh keanggungan, bulan kemuliaan, bulan seribu bulan dan bulan penuh ampunan. Seperti halnya sepenggal kutbah Rasulullah SAW yang beliau sampaikan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Menggetarkan setiap jiwa, meluluhkan semua kalbu, sesungguhnya amat sangat bersyukurlah manusia yang diberikan karunia dengan dipertemukan Ramadhan. Tidak ada waktu yang lebih mulia melebihi waktu ramadhan. Setiap detik waktu Allah catatkan pahala dengan berlipat ganda. Sudahkan kita siap menyambutnya?

Read more »



May
04
Informasi Operasional Jam Layanan RZ
Posted By Asriyanti Octaviana on 04 May 2016 15:18

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,

Kami sampaikan bahwa jam operasional kantor RZ libur nasional tgl 5 dan 6 Mei 2016. Dan akan buka kembali pada hari Sabtu thl 7 Mei 2016 sampai pukul 14.00 wib.

 

 

Read more »



April
28
Infak vs Zakat vs Sedekah
Posted By Najmah on 28 Apr 2016 11:38

"Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik" (Q.S. Al-Baqarah 2:195)

"Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia; dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah." (Q.S.Al Hasyr 59:7)

Zakat adalah nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula.

Setiap harta yang sudah dikeluarkan zakatnya akan menjadi suci, bersih, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang (at-Taubah: 103, dan ar-Rum: 39).

Read more »



April
18
Alur Melihat Laporan di Web Care
Posted By Najmah on 18 Apr 2016 11:00

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sobat Zakat yang di Rahmati Allah, sebelumnya kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya mendonasikan Zakat,infaq,shadaqah dan program lainnya kepada RZ. Berikut kami sampaikan langkah – langkah yang dapat sobat zakat lakukan untuk mengakses Laporan yang terdapat di web ini.

1. Laporan Beasiswa
Read more »



April
15
Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Rumah Zakat (RZ)
Posted By Rendi Septiyan on 15 Apr 2016 11:41

Bapak/ Ibu yang dirahmati, kami menghimbau untuk berhati-hati dengan penipuan melalui email, media sosial, ataupun kanal media lainnya untuk menarik donasi dengan mengatasnamakan RZ (Rumah Zakat).

 

Semua informasi yang sah terkait program RZ hanya diinformasikan melalui:

Read more »



April
11
Saat Terbaik Untuk Bersedekah Menurut Rasulullah
Posted By Najmah on 11 Apr 2016 12:39

Rasulullah shallallahu ’alaih wa sallam menjelaskan dalam sebuah hadist beliau mengenai saat-saat terbaik bagi seseorang untuk bersedekah.

Sedekah selain bermanfaat bagi penerima sedekah, juga sebenarnya lebih bermanfaat lagi bagi pemberi sedekah, lho kok bisa? ya begitulah yang menjadi ketetapan Tuhan bahwa memberi lebih baik daripada menerima, disaat kita memberi sebenarnya disaat itu juga kita telah menerima dari Allah, tentu tidak semua sedekah dibalas dengan uang atau harta benda, bisa jadi Allah membalas sedekah kita dengan kesehatan, terhindar dari mara bahaya, panjang umur dan lain sebagainya. Bagi orang yang berusia muda dan sedang energik tentunya bersedekah memiliki nilai lebih tinggi di sisi Allah daripada bersedekahnya seorang yang telah lanjut usia, sakit-sakitan, dan sudah menjelang meninggal dunia.

 
Untuk itulah Nabi shallallahu ’alaih wa sallam memberikan gambaran kepada ummatnya mengenai sedekah yang paling afdhal.

Read more »



April
08
Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak *Bagian 1*
Posted By Asriyanti Octaviana on 08 Apr 2016 12:08

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang di Muliakan Allah, kami ingin berbagi/sharing informasi terkait dengan Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak. Berikut ulasannya:

Read more »



April
08
Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak *Bagian 2*
Posted By Asriyanti Octaviana on 08 Apr 2016 12:14

Ketentuan serupa ditegaskan pula dalam Pasal 9 ayat (1) UU Pajak Penghasilan.

Selain itu, Pasal 1 ayat (1) PP No. 60 Tahun 2010 tentang Zakat atau Sumbangan Keagamaan yang Sifatnya Wajib yang Boleh Dikurangkan dari Penghasilan Bruto juga menentukan:

Read more »



April
08
Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak *Bagian 3-Akhir*
Posted By Asriyanti Octaviana on 08 Apr 2016 12:18

3. Bagaimana cara mekanismenya?

Read more »



April
06

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang kami hormati, kami informasikan Setiap donatur yang mengikuti program ICard harus memiliki kartu ICard dan sebagai Salah satu syarat dalam proses  pengklaiman ICard donatur harus dapat menunjukan kartu ICard

Alur pengajuan cetak ulang untuk Kartu ICard yang hilang atau rusak adalah sebagai berikut:

Read more »



March
31
Informasi Perpindahan Kantor Layanan Samarinda
Posted By Asriyanti Octaviana on 31 Mar 2016 17:28

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang kami hormati,

Kami sampaikan informasi perpindahan kantor cabang Samarinda

Read more »



March
29
Kemudahan Donasi Paypal Rumah Zakat
Posted By Asriyanti Octaviana on 29 Mar 2016 10:49

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Rahmati Allah,

Kami informasikan bahwa ada perubahan akun pada pembayaran Paypal RZ.

Read more »



March
24
Persiapan Menghadapi Ramadhan Al Mubaraq
Posted By Najmah on 24 Mar 2016 10:22

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, tamu yang kita tunggu-tunggu selama 11 bulan lamanya. Bulan yang penuh dengan berkah, bulan yang sangat diistimewakan oleh Allah. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, di dalamnya penuh dengan rahmah, ampunan, dan pembebasan dari api neraka. Bulan yang dirindukan kedatangannya dan ditangisi kepergiannya oleh orang-orang yang sholeh.

Pada bulan inilah kaum muslimin seharusnya melakukan pengembaraan rohani dengan mengekang nafsu syahwat dan mengisi dengan amal-amal yang mulia. Semua itu merupakan momen dan sekaligus sarana yang baik untuk mencapai puncak ketaqwaan. Dosa dan kekhilafan juga merupakan sasaran yang akan kita hapuskan dalam bulan Ramadhan ini.

Ternyata, tak sedikit juga orang yang kalang kabut menyambut bulan suci ini dengan berbagai alasan klasik, contohnya; harga sembako yang cenderung naik menjelang atau selama Ramadhan, padahal ini hanyalah pengulangan sejarah yang dari dulu juga setiap menjelang Ramadhan atau Lebaran maka harga akan naik dan ini pun sesuai dengan hukum pasar yang berlaku.
Bukankah kebutuhan keluarga selama Ramadhan cenderung meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, belum lagi dana yang harus kita persiapkan untuk pulang kampung untuk bertemu sanak keluarga kita.
Nah Sobat Zakat, disini kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang berguna untuk menghadapi bulan yang mulia ini

Read more »



March
17
8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat
Posted By Najmah on 17 Mar 2016 15:49

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (At-Taubah: 60)

Pertama: Fuqara Masakin

1. Fakir adalah orang yang membutuhkan dan tidak meminta minta, sedangkan miskin adalah yang meminta-minta.

2. Keduanya bermacam-macam:

  • orang yang tidak memiliki kekayaan dan tidak pula pekerjaan
  • orang yang memiliki kekayaan dan pekerjaan yang tidak mencukupi setengah kebutuhan
  • orang yang memiliki kekayaan dan pekerjaan yang tidak mencukupi kebutuhan standar

3. Sedangkan orang kaya yang tidak boleh menerima zakat adalah orang yang telah memiliki kecukupan untuk diri dan keluarga.

4. Orang fakir miskin diberikan sejumlah yang dapat mencukupinya

  • yang mencukupinya sepanjang hidupnya, menurut Imam Syafi’i
  • yang mencukupinya selama satu tahun, menurut madzhab Maliki dan Hanbali

Bentuk kecukupan sepanjang hidup dapat berupa alat kerja, modal dagang, dibelikan bangunan kemudian diambil hasil sewanya, atau sarana-sarana lainnya seperti yang disebutkan oleh madzhab Syafi’i dalam buku-bukunya secara rinci.

Di antara kecukupan adalah buku-buku dalam bermacam ilmu, biaya pernikahan bagi yang membutuhkan. Sebab, tujuan utama zakat adalah mengangkat fakir miskin sampai pada standar layak.

Read more »



March
16
Energi Sedekah
Posted By Najmah on 16 Mar 2016 17:12

Energi sedekah sangat berpengaruh luar biasa bagi pelaku dan penerimanya, jika kita mengulurkan tangan memberikan bantuan sedekah dengan ikhlas kepada orang lain, maka antara kita dengan yang menerima bantuan sedekah sama-sama terbentuk sebuah energi positif, yang secara umum bisa dikatakan bahwa sedekah dapat mempererat silaturahmi.

Makna sedekah adalah cinta kasih kepada sesama, barangkali yang demikian itulah sehingga agama dan aliran kepercayaan manapun mengenal dan melakukan sedekah. Begitu pula orang-orang atheis, penganut animisme maupun dinamisme juga melakukan perbuatan mulia yang dinamakan sedekah tersebut.

Terlepas dari syariat agama, secara fitrah kita mendambakan cinta kasih dari sesama manusia. Sebaliknya secara naluri kita akan sedih jika orang lain membenci atau memusuhi kita. Wujud dan cinta kasih dalam Islam adalah sedekah, dimana sedekah menyimpan misteri dan membangkitkan energi yang luar biasa.

Read more »



March
14
Hati-hati Penipuan mengatasnamakan Rumah Zakat (RZ)
Posted By Asriyanti Octaviana on 14 Mar 2016 16:57

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang Kami Hormati,

Kami informasikan untuk berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan Rumah Zakat (RZ). Jika bapak dan Ibu mendapatkan informasi program-program yang diluar dari Program RZ

Read more »



March
01
Website Sharing Happiness
Posted By Najmah on 01 Mar 2016 12:00

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak/Ibu donatur yang kami hormati, alhamdulillah saat ini RZ menghadirkan website crowdfunding www.sharinghappiness.org . Dengan kanal baru ini, para Bapak/Ibu dapat melihat secara langsung profil orang-orang yang akan dibantu dan secara bersama-sama mewujudkan program pemberdayaan bagi mereka. Donasi dapat dilakukan dengan lebih mudah. Donatur tinggal memilih salah satu atau lebih profil campaign yang akan di bantu, kemudian melakukan donasi dengan mengikuti menu donasi yang sudah tersedia.

RZ akan menampilkan berbagai profile campaign yang membutuhkan bantuan dari 723 kelurahan dan desa yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Yang sebelumnya sudah dilakukan assessment oleh Fasilitator Integrated Community Development (ICD). Diharapkan dengan menggulirkan kampanye Sharing Happiness, RZ bersama masyarakat bisa memberikan kontribusi dalam indeks pembangunan melalui beragam program pemberdayaan.

Read more »



February
15
Layanan Virtual Account
Posted By Najmah on 15 Feb 2016 16:01

Saat ini, RZ bekerjasama dengan Bank BCA dan Bank Permata Syariah untuk Virtual Account. Virtual Account adalah Nomor rekening virtual yang disediakan oleh Bank untuk setiap donatur Rumah Zakat tanpa harus membuka rekening di Bank tertentu.

Donatur tidak perlu lagi menghafal nomer rekening Rumah Zakat di beberapa bank karena dengan Virtual Account setiap donatur akan memiliki nomor “rekening donasi pribadiyang digunakan sebagai rekening tujuan pada saat melakukan transfer donasi. Pada saat transfer donasi melalui rekening Virtual Account, akan muncul nama donatur sebagai pemilik rekening & bukan memunculkan nama Yayasan Rumah Zakat Indonesia seperti cara transfer biasa. Dengan Virtual Account, setiap donatur akan memiliki nomor rekening pribadi yang digunakan sebagai rekening tujuan pada saat melakukan transfer donasi

Read more »



January
18
Migrasi Data Website www.rumahzakat.org
Posted By Najmah on 18 Jan 2016 10:30

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada Yth.Bapak/Ibu donatur,

Sehubungan dengan proses migrasi ke tampilan yang baru, berdampak tidak bisa diaksesnya website kami www.rumahzakat.org dalam beberapa waktu dan berikut rinciannya:

Hari/Tanggal: Senin / 18 Januari 2016
Waktu: Pukul 09.00 WIB - Selesai
Estimasi Downtime: 8 Jam
Kegiatan: Migrasi data website

Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya. InshaAllah Website dapat diakses kembali di tanggal 19 Januari 2016

Terimakasih

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Read more »



December
16
Bayar Zakat, Bisa Mengurangi Pajak Penghasilan
Posted By Khairi Syafrina on 16 Dec 2015 10:55

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sobat zakat, beberapa minggu lagi tahun 2015 akan berakhir. Bagi sobat zakat yang rutin membayar zakat Tahunan masih ada waktu untuk membayarnya.

Satu hal yang menarik apabila sobat zakat rajin membayar zakat, ternyata zakat yang sudah dikeluarkan juga bisa menjadi pengurang dari pajak penghasilan yang harus dibayarkan ke Pemerintah.

 

Apa saja persyaratannya? Apakah ada Dasar Hukumnya mengenai bayar zakat bisa mengurangi Pajak Penghasilan ? Bagaimana caranya untuk bisa mengurangi Pajak Penghasilan ?

 

  • Dasar Hukum

Dasar hukumnya adalah Peraturan Dirjen Pajak No.PER-6/PJ/2011 yang mengatur mengenai pelaksanaan pembayaran atas zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib dapat dikurangi dari penghasilan bruto.Peraturan ini mulai diberlakukan sejak tanggal 21 Maret 2011.

Yang dapat dikurangi dari penghasilan bruto meliputi:

  1. Zakat yang dibayarkan oleh wajib pajak orang pribadi pemeluk Islam dan/atau wajib pajak badan dalam negeri yang dimiliki oleh pemeluk agama Islam kepada Badan Amil Zakat atau Lembaga Amil Zakat yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah.
  2. Sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi wajib pajak orang pribadi pemeluk agama selain agama Islam dan/atau oleh wajib pajak badan dalam negeri yang dimiliki oleh pemeluk agama selain Islam, yang diakui di Indonesia yang dibayarkankepada Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan Pemerintah.

 

  • Persyaratan

Berikut ini persyaratan zakat bisa mengurangi pajak penghasilan:

  1. Wajib pajak, wajib melampirkan foto kopi bukti pembayaran zakat pada Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Tahun Pajak dilakukannya pengurangan Zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib.
  2. Bukti pembayaran zakat secara langsung atau melalui transfer rekening bank atau pembayaran melalui ATM, memuat:
  • Nama lengkap Wajib Pajak dan NPWP pembayar
  • Jumlah pembayaran
  • Tanggal pembayaran
  • Nama Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah
  • Tanda tangan petugas Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah, di bukti pembayaran.
  1. Bentuk Bukti pembayaran zakat yang resmi dan dilampirkan pada Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Tahun Pajak adalah Bukti Pembayaran Zakat yang di print pada kertas yang berlogo Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk oleh Pemerintah, yang memuat:
  • Nama lengkap Wajib Pajak dan NPWP pembayar
  • Jumlah pembayaran
  • Tanggal pembayaran
  • Nama Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah
  • Tanda tangan petugas Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atauLembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah, di bukti pembayaran.

 

  • Cara untuk mendapatkan Bukti Pembayaran Zakat

Berikut ini cara untuk mendapatkan bukti pembayaran Zakat dari Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang di bentuk atau oleh Pemerintah:

  1. Sobat Zakat berkunjung ke kantor pelayanan yang sudah terdaftar sebagai donatur/muzakki di Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan.
  2. Sampaikan kepada petugas Frontliner untuk di print kan bukti pembayaran zakat periode Januari s/d Desember.
  3. Jangan lupa minta tanda tangan asli dari petugas Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat atau Lembaga Keagamaan + Cap dari Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat atau Lembaga Keagamaan, pada bukti pembayaran zakat yang sudah di print kan.

 

 

 

 

 

 

 

Read more »



December
10

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Atas nama Manajemen RZ, kami menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatannya pengiriman kornet kepada donatur yang telah memilih akad untuk mengambil/dikirimkannya hak pequrbannya di Program Superqurban 2015.

Dikarenakan ekspedisi tujuan Ke Jayapura mengalami penundaan, menjelang Natal 2015 ini arus mudik cukup padat dan ekspedisi mengutamakan angkutan untuk membawa para pemudik terlebih dahulu. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, sekali lagi kami mengucapkan mohon maaf dan terimakasih atas permaklummannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Read more »



November
25
Pemberitahuan Pengiriman Kornet Superqurban
Posted By Widyani Rochmatin on 25 Nov 2015 17:44

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Terima kasih telah memilih RZ dalam menyalurkan donasi Zakat, Infaq, Sedeqah, Kurban dan sinerginya untuk memberdayakan Indonesia selama 2015.

Perkenankan kami menyampaikan bahwa Kornet Superqurban 2015 alhamdulillah sudah selesai proses produksi. Bagi donatur yang pada saat berdonasi Superqurban ingin mengambil sebagian hak kurbannya dan memilih layanan pengiriman ke alamat domisili atau silaturahmi, pengiriman akan kami lakukan di awal-akhir bulan Desember 2015. Sementara bagi donatur yang memilih layanan mengambil kornet Superqurbannya di kantor layanan RZ, dapat datang langsung ke kantor pada rentang waktu yang sama.

Read more »



November
15
Haruskah Zakat pakai ijab Qabul (akad)?
Posted By Najmah on 15 Nov 2015 06:54

Ijab qabul adalah adalah suatu perbuatan atau pernyataan untuk menunjukkan suatu keridhaan dalam berakad di antara dua orang atau lebih. Berdasarkan pengertiaan di atas, dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan ijab qabul adalah suatu yang sengaja dilakukan oleh kedua belah pihak berdasarkan persetujuan masing-masing dan menunjukan kehendak kedua belah pihak.

Ada ulama yang menjelaskan bahwa menunaikan zakat harus terdapat akad penyerahan dan penerimaan zakat (wajib adanya ijab kabul). Jika tidak maka zakatnya dianggap sebagai sadaqah/sunnah saja. ijab qabul zakat hendaknya disebutkan secara jelas yaitu dengan menyatakan: “Aajaraka Allahu fi maa a’thaita wa baraka fi maa abqaita” (mudah-mudahan Allah memberikan pahala pada harta yang telah engkau berikan dan mudah-mudahan pula Allah memberikan keberkahan pada harta anda yang lainnya). Baik itu ditunaikan secara langsung kepada yang membutuhkan atau melalui BAZ/LAZ. Hal inilah yang dijelaskan Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili dalam bukunya ”Al-Fiqh al-Islam wa adillatuhu” menyerahkan zakat kepada mustahik langsung atau kepada wakilnya yaitu imam atau petugas zakat (BAZ/LAZ) merupakan rukun zakat.

Read more »



November
11
Jam Operasional Kantor Pelayanan RZ Cabang Bandung-Dago
Posted By Khairi Syafrina on 11 Nov 2015 14:35

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Kami informasikan khusus untuk sobat Zakat yang berada di wilayah Bandung, bahwa pada tanggal 12 November 2015, Kantor Pelayanan RZ Cabang Bandung-Dago menerima pelayanan kunjungan donatur dari Pkl. 13.00 s/d 17.00.

Apabila sobat Zakat ingin berkunjung dan berdonasi ke RZ Cabang Bandung-Dago sebelum Pkl. 13.00, sobat Zakat bisa mengunjungi ke kantor pelayanan RZ Cabang Bandung-Turangga atau ke RZ Cabang Bandung-Antapani. Atau sobat Zakat bisa langsung berdonasi melalui payment channel RZ.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Apabila ada informasi terkait pelayanan silahkan sobat Zakat mengirimkan tiket di https://care.rumahzakat.org

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

  _Khairi Syafrina_

Service Quality Management Departement Head

Read more »



November
09
Jam Operasional Kantor Pelayanan RZ
Posted By Khairi Syafrina on 09 Nov 2015 16:55

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sobat Zakat yang di rahmati Allah SWT, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kelimpahan, kesehatan, dan keberkahan untuk sobat zakat semua.

Sobat Zakat, Kantor Pelayanan RZ sampai dengan saat ini sudah ada dari Aceh sampai Jayapura. Apabila sobat zakat tinggal di Padang, kantor pelayanan RZ juga ada di Padang.

Waktu pelayanannya juga lebih lama. Bahkan hari Sabtu dan Ahad kami juga membuka pelayanan untuk sobat zakat yang ingin langsung berdonasi melalui kantor pelayanan RZ.

Read more »



November
03
Layanan Kemudahan Donasi Beasiswa Host to Host ATM Bersama
Posted By Asriyanti Octaviana on 03 Nov 2015 14:44

Sobat Zakat yang di Rahmati Allah, bagaimana kabar Sobat Zakat? Semoga Allah selalu memberikan nikmat kepada Sobat Zakat berupa nikmat kesehatan dan rizki yang berlimpah.

Salah satu program utama RZ dalam pemberdayaan di bidang pendidikan adalah Beasiswa Ceria dan Juara. Dalam program ini Sobat Zakat dapat menjadi donatur sebagai orangtua asuh yang donasinya setiap bulan akan kami salurkan sebagai beasiswa pendidikan dari data anak asuh yang di pilihnya.

Read more »



October
29
Pentingnya Melakukan “Konfirmasi Donasi”
Posted By Asriyanti Octaviana on 29 Oct 2015 12:22

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Sobat Zakat yang dimuliakan Allah, semoga selalu diberikan limpahan rahmat dan kasih sayang Allah. Aamiin.

Sobat Zakat, kami selama ini sering sekali mendapatkan pertanyaan dari donatur, “kenapa saya harus selalu melakukan konfirmasi donasi, setiap saya selesai berdonasi?” atau “Apakah harus selalu konfirmasi, bagaimana caranya?”

Read more »




Customer Care RZ by Validata Teknologi