HUBUNGI KAMI

Jl. Turangga No.25 C Bandung
Call Center : 0804 100 1000 / 022-7332407 Fax. 022-7332478
SMS/WA Centre : 0815 7300 1555
BBM : 5D4F850C
Instagram
Flickr
Path
Youtube
RSS Feed
News
April
19
Vibrasi Energi Kebahagiaan
Posted By Najmah on 19 Apr 2017 03:02

Teori Quantum Touch mengatakan bahwa jika ada energy berbeda vibrasi didekatkan satu sama lain, maka keduanya akan saling menyelaraskan. Bisa energy yang tinggi vibrasinya menjadi rendah atau sebaliknya atau keduanya bertemu di tengah-tengah. Meminjam teori tersebut, orang yang ingin menggapai bahagia harus menyelaraskan seluruh kehidupannya dengan vibrasi energi kebahagiaan tersebut. Kebahagiaan atau keadaan bahagia memiliki vibrasi energi yang sangat tinggi. Sehingga, jika seseorang ingin menggapainya, dialah yang harus menyelaraskan diri. Agar dapat melakukan penyelarasan energi tersebut, seseorang harus lebih banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan bervibrasi energi tinggi. Kegiatan-kegiatan tersebut banyak macamnya namun biasanya memiliki ciri-ciri tertentu. Martin Seligman, penggagas Psikologi Positif, dan rekannya, Mihaly Csikszentmihalyi, mengatakan bahwa orang akan bahagia jika dia berada dalam keadaan Flow. Yaitu suatu keadaan saat tantangan yang dihadapi dan kemampuan yang dimiliki seseorang seimbang tingkatannya. Orang itu tidak merasa khawatir atau cemas namun juga tidak merasa bosan. Seakan kedua ahli psikologi itu membenarkan secara tidak langsung pendapat Imam Syafii yang mengatakan bahwa air jika diam akan rusak. Demikian pula manusia, yang tidak bergerak akan lemah dan turun tingkat vibrasi energinya. Kegiatan-kegiatan positif seperti olah raga, berbagi pada sesama, beribadah adalah diantara kegiatan-kegiatan yang meningkatkan vibrasi energi tubuh manusia. Sehingga, dengan memperbanyak kegiatan seperti itu, maka kondisi Flow akan tercapai dan kebahagiaan pun akan datang menghampiri.

Read more »



March
08

Anak merupakan aset terbesar orang tua untuk masa depan. Banyak harapan besar yang ditumpukan oleh orang tua kepada mereka. Demi kemajuan anak orang tua bisa mengorbankan apa saja termasuk pendidikannya. Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak. Namun sebagian besar orang tua masih kurang tepat dalam memberikan tuntutan pendidikan bagi anak.
Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar, cerdas dan juara kelas dengan menjejalkan berbagai macam les mata pelajaran di luar jam sekolahnya seketika dia masuk di sekolah dasar. Tanpa adanya bekal yang cukup, tuntutan orang tua yang seperti demikian hanya akan membebani anak.

Read more »



January
12
Menjadi Lebih Baik Itu Mudah
Posted By Najmah on 12 Jan 2017 09:43

Di dalam setiap episode kehidupan kita pasti selalu ingin menjadi yang terbaik dalam segi apapun, entah itu keluarga, pendidikan , karir , atau yang lain. wajar memang karena setiap manusia pasti diciptakan dengan obsesi masing-masing yang ada pada dirinya sendiri. namun tidak jarang banyak orang harus terjatuh berkali-kali sebelum akhirnya mereka bangkit dan menjadi lebih baik. tetapi tidak jarang juga banyak diantara mereka yang tidak bisa bangkit dan hanya meratapi kesedihan mereka dan hanya menyesali apa yang telah mereka lakukan. sesuai dengan yang telah diajarkan di semua agama , Tuhan mengajarkan diri kita untuk tidak menyerah apapun itu , dan selalu berusaha serta berdoa , karena entah besok , lusa atau seterusnya , kita bisa menjadi apa yang kita mau dan kita cita-citakan. karena hanya Tuhan yang tahu apa yang terbaik untuk hamba- Nya. Itulah mengapa kita harus selalu membuka lembaran baru di dalam hidup kita karena itu adalah salah satu contoh hal yang dapat kita lakukan agar kita selalu menjadi lebih baik di setiap harinya.

            Membuka lembaran hidup yang baru sering dikaitkan dengan hidup baru seperti saat kita baru masuk kuliah, baru menikah, memasuki tahun baru, setelah idul fitri , dan sebagainya. Ya mungkin itu bisa dikatakan sebagai lembar hidup baru, namun bukan hanya itu kita bisa membuka lembaran baru kita setiap harinya. ya, setiap hari. lembaran baru bukan berarti sekedar hidup yang baru atau hidup yang berbeda dengan yang sebelumnya. membuka lembaran baru hidup baru bukan hanya setelah terjadi perubahan, justru membuka lembaran hidup baru adalah momen perubahan ke arah hidup yang lebih baik. bukanlah lembaran hidup baru setiap hari agar Anda mendapatkan momen perubahan setiap hari yang artinya perbaikan diri sendiri.

            Jadi tidak peduli bagaimana kelamnya masa lalu, hidup dipenuhi dosa dan kegagalan demi kegagalan, anda bisa menatap masa depan yang lebih baik. kita harus menutup lembaran lama agar tidak menjadi beban dan memberatkan langkah kita di masa depan kelak.           

Read more »



December
22
Info Layanan eDonation
Posted By Najmah on 22 Dec 2016 06:44

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Donatur Rumah Zakat yang dimulaikan Allah. Sehubungan dengan adanya cuti bersama di akhir tahun (tgl 26 Desember dan 2 Januari) 2016. Untuk donasi via payment chanel (eDonation) akan dilakukan penyesuaian waktu layanan proses donasi.

Untuk donasi tgl 23-26 Des akan diproses tgl 27 Des. Dan donasi tgl 30-31 Des, 1-2 Jan akan di proses pada tanggal 3 Des 2017.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan terima kasih atas kepercayaannya berdonasi di Rumah Zakat.

Customer Intimacy Dept

Read more »



November
30
Gerai Booth RZ
Posted By Asriyanti Octaviana on 30 Nov 2016 09:37

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang di Muliakan Allah, untuk membantu bapak dan ibu dalam menunaikan pembayaran zakat infaq dan sadaqah. Alhamdulillah RZ telah membuka gerai booth di beberapa lokasi berikut adalah informasi lokasinya ...

Read more »



November
29
Informasi Pengiriman dan Pengambilan Kornet Superqurban 1437 H
Posted By Asriyanti Octaviana on 29 Nov 2016 09:58

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang baik,

Alhamdulillah Superqurban 1437 H telah berlalu, semoga Allah menerima Qurban yang telah di lakukan oleh bapak dan ibu serta menggantikannya dengan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin...

Kami menginformasikan bahwa RZ telah melakukan pengiriman kornet Superqurban 1437 H kepada donatur sejak 18 November 2016...

Read more »



November
11
RZ Membuka Booth di Masjid Phapros Semarang
Posted By Asriyanti Octaviana on 11 Nov 2016 04:24

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu yang di Muliakan Allah, untuk membantu bapak dan ibu dalam menunaikan pembayaran zakat infaq dan sadaqah. Alhamdulillah RZ akan membuka beberapa gerai booth di beberapa lokasi. Salah satunya berada di Semarang tepatnya di :

Tempat : Masjid Phapros...

Read more »



September
01
Apa itu Superqurban??
Posted By Najmah on 01 Sep 2016 02:20

Superqurban adalah salah satu produk inovasi RZ dalam program optimalisasi pelaksanaan ibadah qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet. Produk Superqurban mampu menjawab permasalahan pendistribusian daging qurban sampai ke daerah-daerah pelosok dan terdepan di nusantara. Kornet yang tahan hingga 3 tahun, dapat didistribusikan sepanjang tahun, dan efektif untuk pembinaan gizi dan aqidah. RZ mendapat banyak dukungan dan apresiasi atas penyelenggaraan hingga distribusi program Superqurban, karena dinilai menjadi inovasi optimalisasi daging hewan qurban.

Superqurban sebagai produk kaya manfaat ini telah dirasakan oleh saudara-saudara kita di wilayah Indonesia Timur, seperti Pulau Tello, Pulau Kayuwadi, Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, Pulau Komodo, Pulau Buton, Pulau Obi, Pulau Raja Ampat yang disebarkan melalui program Ekspedisi Bhakti PMK atau yang dahulu bernama Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara pada Juni 2013 hingga 2014.
Seperti halnya pada tahun 2016 ini, dalam Ekspedisi Bhakti PMK Relawan RZ menyalurkan sebanyak 30.000 kaleng kornet Superqurban di Pulau Bajo Pulo, Pulau Wetar, Pulau Matakus, dan Kaimana. Ini merupakan keenam kalinya, RZ kembali dipercaya Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) untuk turut berpartisipasi dalam Kegiatan Ekspedisi Bhakti PMK ini.

Read more »



August
18
Web Care dapat diakses kembali
Posted By Najmah on 18 Aug 2016 08:10

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,
Alhamdulillah Maintenance Sistem kami telah selesai dilakukan, bapak/Ibu donatur bersamaan dengan ini pula kami sampaikan bahwa web ini dapat diakses kembali

Terimakasih kami ucapkan

Read more »



August
16
Pengumuman : Maintenance Web
Posted By Najmah on 16 Aug 2016 11:05

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,
Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para donatur, saat ini kami sedang melakukan maintenance Sistem sampai dengan 2 x 24 Jam ke depan. Selama proses tersebut berlangsung layanan melalui web ini untuk sementara tidak dapat digunakan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Informasi lebih lanjut hubungi call Centre 0804 100 1000

Read more »



August
04
Permohonan maaf, Keterlambatan pengiriman Laporan
Posted By Najmah on 04 Aug 2016 17:20

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,

Atas nama Rumah Zakat, kami ingin memberitahukan bahwa untuk Laporan Zreport yang biasanya sudah dapat diakses setiap awal bulan, sebagai laporan donasi. Untuk bulan Agustus 2016 ini mohon maaf mengalami keterlambatan. Hal ini dikarenakan terdapat trouble di sistem aplikasi kami. Sehingga laporan ini belum dapat kami sampaikan tepat waktu.

Begitu juga dengan  Laporan Semester Beasiswa Anak Asuh pengiriman Laporan Semester Beasiswa periode Jan- Juni 2016 kepada donatur yang telah mengikuti  Program donasi Beasiswa Ceria dan Beasiswa Juara, belum dapat kami sajikan. Hal yang sama kami alami terjadi trouble pada sistem aplikasi laporan beasiswa

Read more »



June
27
Keutamaan 10 Malam Terakhir Ramadhan
Posted By Najmah on 27 Jun 2016 17:11

Bulan Ramadhan merupakan momentum peningkatan kebaikan bagi orang-orang yang bertaqwa dan ladang amal bagi orang-orang shaleh. Terutama, sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Sebagian ulama kita membagi bulan ini dengan tiga fase: fase pertama sepuluh hari awal Ramadhan sebagai fase rahmat, sepuluh di tengahnya sebagai fase maghfirah, dan sepuluh akhirnya sebagai fase pembebasan dari api neraka. Sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Salman Al Farisi: “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah, dan akhirnya pembebasan dari api neraka.”

Dari ummul mukminin, Aisyah ra., menceritakan tentang kondisi Nabi saw. ketika memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan: “Beliau jika memasuki sepuluh hari terkahir Ramadhan, mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.”

Apa rahasia perhatian lebih beliau terhadap sepuluh hari terakhir Ramadhan? Paling tidak ada dua sebab utama:

Sebab pertama, karena sepuluh terkahir ini merupakan penutupan bulan Ramadhan, sedangkan amal perbuatan itu tergantung pada penutupannnya atau akhirnya. Rasulullah saw. berdo’a:

“اللهم اجعل خير عمري آخره وخير عملي خواتمه وخير أيامي يوم ألقاك”

 

“Ya Allah, jadikan sebaik-baik umurku adalah penghujungnya. Dan jadikan sebaik-baik amalku adalah pamungkasnya. Dan jadikan sebaik-baik hari-hariku adalah hari di mana saya berjumpa dengan-Mu Kelak.” 

Read more »



June
25
Informasi layanan Operasional kantor RZ selama Ramadhan
Posted By Najmah on 25 Jun 2016 14:28

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,

Untuk kemudahan Sobat berbagi di bulan Ramadhan, kantor RZ melayani lebih lama dan tetap buka di hari Sabtu-Minggu dari pukul 08.00 s.d. 20.00 waktu setempat.

Tgl 20 – 26 Juni 2016             : Pukul 08.00 – 20.00 WIB

Tgl 27 Juni – 4 Juli 2016         : Pukul 08.00 – 21.00 WIB

Tgl 5 Juli                                 : Pukul 08.00 – 22.00 WIB

 

Read more »



June
16
Orang-orang yang Merugi Saat Ramadhan Pergi
Posted By Najmah on 16 Jun 2016 14:28

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala nikmat-Nya. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya.

Ramadhan telah berlalu setengah perjalanan, di bulan ini banyak kebaikan, rahmat, dan keberkahan yang ditawarkan. Di dalamnya, hamba Allah yang beriman, memiliki kesempatan besar mengejar ketertinggalan pahala pada hari-hari sebelumnya. Ia pun bisa mengubur dosa-dosa dan kesalahannya di hari-hari lalu. Bahkan, ada Lailatul Qadar, di mana satu malam lebih mulia dari seribu bulan. Amal kebaikan di dalamnya nilainya lebih baik daripada amal serupa dikerjakan selama seribu bulan yang tak ada Lailatul Qadar di dalamnya. Subhanallah, anugerah besar bagi kaum mukminin. Namun, ternyata tak semua orang Islam bisa menyukurinya. Juga tak semua bisa sabar menahan diri dari kesibukannya terhadap dunia dan aktifitas dosa-dosa, guna mengisinya dengan meningkatkan ibadah, shaum, shalat, tilawah, sedekah dan lainnya. Sehingga saat Ramadhan pergi ia menjadi manusia yang merugi. Kenapa bisa? Karena ia tak mampu memetik pahala dan memanen ganjaran yang berlimpah. Bahkan kesalahan-kesalahannya tak juga dihapuskan, sedangkan dosa-dosanya belum jua diampuni.

 

Read more »



June
01
Menjadi Bagian yang Disebutkan dalam Hadits Rasulullah SAW
Posted By Rendi Septiyan on 01 Jun 2016 10:43

By Mrhighsky

Subhanallah, walhamdulillah Ramadhan tinggal sepekan. Hati berbalut bahagia, Namun akan menjadi suatu kebahagiaan lahir dan batin kala kita menjadi golongan/ bagian orang yg disebutkan dlm hadist Rasulullah SAW dan disayang oleh Allah SWT.

Dalam sebuah riwayat Hadist Qudsi dikisahkan...
Ketika Rasulullah Saw tengah duduk berkumpul bersama para sahabat. Di sana berkumpul Abu Bakar, Umar, Utsman, Sayyidina Ali dan sahabat lainnya. Kemudian Rasulullah Saw bertanya : "Wahai sahabatku, tahukah kalian siapa hamba Allah yang paling mulia di sisi-Nya?"

Para sahabat terdiam. Seorang sahabat berkata : "Para Malaikat, Rasulullah, merekalah yang mulia." Rasulullah menjawab: "Ya, para Malaikat itu mulia, mereka sentiasa bertasbih dan beribadah kepada Allah, tapi bukan itu yang dimaksud." Para sahabat kembali terdiam, lalu seorang sahabat berkata: "Ya Rasulullah, tentu para nabi. "Rasulullah tersenyum. Beliau berkata :"Ya, para Nabi itu mulia, mereka adalah utusan Allah. Mereka itu mulia. Tapi ada lagi yang lain."

Para sahabat terdiam. Lalu salah seorang sahabat berkata :"Apakah kami sahabatmu yang mulia itu? "Beliau tersenyum dan berkata :"Tentulah kalian mulia. Kalian dekat denganku. Kalian membantu perjuanganku. Tetapi ada yang lain yang mulia." Lalu siapakah? Apakah Kita termasuk di dalamnya?

Read more »



May
31
RZ Gelar Tarhib Ramadhan
Posted By Najmah on 31 May 2016 12:46

Tiada terasa, tamu agung yang selalu ditunggu, Ramadhan 1437 H, tiba telah bersama kita. Tentu, kehadirannya disambut suka cita dengan hati ceria. Karena tamu istimewa dan luar biasa ini banyak membawa bonus dan oleh-oleh dalam bentuk keberkahan. Keberuntungan ditebarkan bagi kehidupan setiap insan, para hamba Allah SWT, yang betul-betul bertakwa kepada-Nya.

Ahad kemarin (29/05) RZ mengadakan Tarhib Ramadhan terselenggara di 15 Kota yang terdapat kantor Representatif RZ. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan sekaligus memperingati Hari Anak Internasional.

Read more »



May
25
Shaumnya Rasulullah SAW
Posted By Rendi Septiyan on 25 May 2016 13:49

“……Ia adalah bulan yg awalnya rahmah, pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan dari neraka. Maka perbanyaklah 4 hal; 2 hal yg menjadikan Tuhan meridhai kamu dan 2 hal lainnya adalah sesuatu yang paling kamu butuhkan. Kedua yg pertama adalah syahadat dan istigfar, sedangkan kedua yg terahir adalah permohonan masuk surga dan perlindungan dari neraka.”

 

Marhaban Ya Ramadhan. Masya Allah bulan penuh keanggungan, bulan kemuliaan, bulan seribu bulan dan bulan penuh ampunan. Seperti halnya sepenggal kutbah Rasulullah SAW yang beliau sampaikan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Menggetarkan setiap jiwa, meluluhkan semua kalbu, sesungguhnya amat sangat bersyukurlah manusia yang diberikan karunia dengan dipertemukan Ramadhan. Tidak ada waktu yang lebih mulia melebihi waktu ramadhan. Setiap detik waktu Allah catatkan pahala dengan berlipat ganda. Sudahkan kita siap menyambutnya?

Read more »



May
04
Informasi Operasional Jam Layanan RZ
Posted By Asriyanti Octaviana on 04 May 2016 15:18

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Muliakan Allah,

Kami sampaikan bahwa jam operasional kantor RZ libur nasional tgl 5 dan 6 Mei 2016. Dan akan buka kembali pada hari Sabtu thl 7 Mei 2016 sampai pukul 14.00 wib.

 

 

Read more »



April
28
Infak vs Zakat vs Sedekah
Posted By Najmah on 28 Apr 2016 11:38

"Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik" (Q.S. Al-Baqarah 2:195)

"Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia; dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah." (Q.S.Al Hasyr 59:7)

Zakat adalah nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula.

Setiap harta yang sudah dikeluarkan zakatnya akan menjadi suci, bersih, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang (at-Taubah: 103, dan ar-Rum: 39).

Read more »



April
18
Alur Melihat Laporan di Web Care
Posted By Najmah on 18 Apr 2016 11:00

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sobat Zakat yang di Rahmati Allah, sebelumnya kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya mendonasikan Zakat,infaq,shadaqah dan program lainnya kepada RZ. Berikut kami sampaikan langkah – langkah yang dapat sobat zakat lakukan untuk mengakses Laporan yang terdapat di web ini.

1. Laporan Beasiswa
Read more »



April
15
Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Rumah Zakat (RZ)
Posted By Rendi Septiyan on 15 Apr 2016 11:41

Bapak/ Ibu yang dirahmati, kami menghimbau untuk berhati-hati dengan penipuan melalui email, media sosial, ataupun kanal media lainnya untuk menarik donasi dengan mengatasnamakan RZ (Rumah Zakat).

 

Semua informasi yang sah terkait program RZ hanya diinformasikan melalui:

Read more »



April
11
Saat Terbaik Untuk Bersedekah Menurut Rasulullah
Posted By Najmah on 11 Apr 2016 12:39

Rasulullah shallallahu ’alaih wa sallam menjelaskan dalam sebuah hadist beliau mengenai saat-saat terbaik bagi seseorang untuk bersedekah.

Sedekah selain bermanfaat bagi penerima sedekah, juga sebenarnya lebih bermanfaat lagi bagi pemberi sedekah, lho kok bisa? ya begitulah yang menjadi ketetapan Tuhan bahwa memberi lebih baik daripada menerima, disaat kita memberi sebenarnya disaat itu juga kita telah menerima dari Allah, tentu tidak semua sedekah dibalas dengan uang atau harta benda, bisa jadi Allah membalas sedekah kita dengan kesehatan, terhindar dari mara bahaya, panjang umur dan lain sebagainya. Bagi orang yang berusia muda dan sedang energik tentunya bersedekah memiliki nilai lebih tinggi di sisi Allah daripada bersedekahnya seorang yang telah lanjut usia, sakit-sakitan, dan sudah menjelang meninggal dunia.

 
Untuk itulah Nabi shallallahu ’alaih wa sallam memberikan gambaran kepada ummatnya mengenai sedekah yang paling afdhal.

Read more »



April
08
Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak *Bagian 1*
Posted By Asriyanti Octaviana on 08 Apr 2016 12:08

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang di Muliakan Allah, kami ingin berbagi/sharing informasi terkait dengan Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak. Berikut ulasannya:

Read more »



April
08
Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak *Bagian 2*
Posted By Asriyanti Octaviana on 08 Apr 2016 12:14

Ketentuan serupa ditegaskan pula dalam Pasal 9 ayat (1) UU Pajak Penghasilan.

Selain itu, Pasal 1 ayat (1) PP No. 60 Tahun 2010 tentang Zakat atau Sumbangan Keagamaan yang Sifatnya Wajib yang Boleh Dikurangkan dari Penghasilan Bruto juga menentukan:

Read more »



April
08
Dasar Hukum dan Mekanisme Zakat Sebagai Pengurang Pajak *Bagian 3-Akhir*
Posted By Asriyanti Octaviana on 08 Apr 2016 12:18

3. Bagaimana cara mekanismenya?

Read more »



April
06

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang kami hormati, kami informasikan Setiap donatur yang mengikuti program ICard harus memiliki kartu ICard dan sebagai Salah satu syarat dalam proses  pengklaiman ICard donatur harus dapat menunjukan kartu ICard

Alur pengajuan cetak ulang untuk Kartu ICard yang hilang atau rusak adalah sebagai berikut:

Read more »



March
31
Informasi Perpindahan Kantor Layanan Samarinda
Posted By Asriyanti Octaviana on 31 Mar 2016 17:28

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang kami hormati,

Kami sampaikan informasi perpindahan kantor cabang Samarinda

Read more »



March
29
Kemudahan Donasi Paypal Rumah Zakat
Posted By Asriyanti Octaviana on 29 Mar 2016 10:49

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu donatur yang di Rahmati Allah,

Kami informasikan bahwa ada perubahan akun pada pembayaran Paypal RZ.

Read more »



March
24
Persiapan Menghadapi Ramadhan Al Mubaraq
Posted By Najmah on 24 Mar 2016 10:22

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, tamu yang kita tunggu-tunggu selama 11 bulan lamanya. Bulan yang penuh dengan berkah, bulan yang sangat diistimewakan oleh Allah. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, di dalamnya penuh dengan rahmah, ampunan, dan pembebasan dari api neraka. Bulan yang dirindukan kedatangannya dan ditangisi kepergiannya oleh orang-orang yang sholeh.

Pada bulan inilah kaum muslimin seharusnya melakukan pengembaraan rohani dengan mengekang nafsu syahwat dan mengisi dengan amal-amal yang mulia. Semua itu merupakan momen dan sekaligus sarana yang baik untuk mencapai puncak ketaqwaan. Dosa dan kekhilafan juga merupakan sasaran yang akan kita hapuskan dalam bulan Ramadhan ini.

Ternyata, tak sedikit juga orang yang kalang kabut menyambut bulan suci ini dengan berbagai alasan klasik, contohnya; harga sembako yang cenderung naik menjelang atau selama Ramadhan, padahal ini hanyalah pengulangan sejarah yang dari dulu juga setiap menjelang Ramadhan atau Lebaran maka harga akan naik dan ini pun sesuai dengan hukum pasar yang berlaku.
Bukankah kebutuhan keluarga selama Ramadhan cenderung meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, belum lagi dana yang harus kita persiapkan untuk pulang kampung untuk bertemu sanak keluarga kita.
Nah Sobat Zakat, disini kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang berguna untuk menghadapi bulan yang mulia ini

Read more »



March
17
8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat
Posted By Najmah on 17 Mar 2016 15:49

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (At-Taubah: 60)

Pertama: Fuqara Masakin

1. Fakir adalah orang yang membutuhkan dan tidak meminta minta, sedangkan miskin adalah yang meminta-minta.

2. Keduanya bermacam-macam:

  • orang yang tidak memiliki kekayaan dan tidak pula pekerjaan
  • orang yang memiliki kekayaan dan pekerjaan yang tidak mencukupi setengah kebutuhan
  • orang yang memiliki kekayaan dan pekerjaan yang tidak mencukupi kebutuhan standar

3. Sedangkan orang kaya yang tidak boleh menerima zakat adalah orang yang telah memiliki kecukupan untuk diri dan keluarga.

4. Orang fakir miskin diberikan sejumlah yang dapat mencukupinya

  • yang mencukupinya sepanjang hidupnya, menurut Imam Syafi’i
  • yang mencukupinya selama satu tahun, menurut madzhab Maliki dan Hanbali

Bentuk kecukupan sepanjang hidup dapat berupa alat kerja, modal dagang, dibelikan bangunan kemudian diambil hasil sewanya, atau sarana-sarana lainnya seperti yang disebutkan oleh madzhab Syafi’i dalam buku-bukunya secara rinci.

Di antara kecukupan adalah buku-buku dalam bermacam ilmu, biaya pernikahan bagi yang membutuhkan. Sebab, tujuan utama zakat adalah mengangkat fakir miskin sampai pada standar layak.

Read more »



March
16
Energi Sedekah
Posted By Najmah on 16 Mar 2016 17:12

Energi sedekah sangat berpengaruh luar biasa bagi pelaku dan penerimanya, jika kita mengulurkan tangan memberikan bantuan sedekah dengan ikhlas kepada orang lain, maka antara kita dengan yang menerima bantuan sedekah sama-sama terbentuk sebuah energi positif, yang secara umum bisa dikatakan bahwa sedekah dapat mempererat silaturahmi.

Makna sedekah adalah cinta kasih kepada sesama, barangkali yang demikian itulah sehingga agama dan aliran kepercayaan manapun mengenal dan melakukan sedekah. Begitu pula orang-orang atheis, penganut animisme maupun dinamisme juga melakukan perbuatan mulia yang dinamakan sedekah tersebut.

Terlepas dari syariat agama, secara fitrah kita mendambakan cinta kasih dari sesama manusia. Sebaliknya secara naluri kita akan sedih jika orang lain membenci atau memusuhi kita. Wujud dan cinta kasih dalam Islam adalah sedekah, dimana sedekah menyimpan misteri dan membangkitkan energi yang luar biasa.

Read more »



March
14
Hati-hati Penipuan mengatasnamakan Rumah Zakat (RZ)
Posted By Asriyanti Octaviana on 14 Mar 2016 16:57

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak dan Ibu Donatur yang Kami Hormati,

Kami informasikan untuk berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan Rumah Zakat (RZ). Jika bapak dan Ibu mendapatkan informasi program-program yang diluar dari Program RZ

Read more »



March
01
Website Sharing Happiness
Posted By Najmah on 01 Mar 2016 12:00

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak/Ibu donatur yang kami hormati, alhamdulillah saat ini RZ menghadirkan website crowdfunding www.sharinghappiness.org . Dengan kanal baru ini, para Bapak/Ibu dapat melihat secara langsung profil orang-orang yang akan dibantu dan secara bersama-sama mewujudkan program pemberdayaan bagi mereka. Donasi dapat dilakukan dengan lebih mudah. Donatur tinggal memilih salah satu atau lebih profil campaign yang akan di bantu, kemudian melakukan donasi dengan mengikuti menu donasi yang sudah tersedia.

RZ akan menampilkan berbagai profile campaign yang membutuhkan bantuan dari 723 kelurahan dan desa yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Yang sebelumnya sudah dilakukan assessment oleh Fasilitator Integrated Community Development (ICD). Diharapkan dengan menggulirkan kampanye Sharing Happiness, RZ bersama masyarakat bisa memberikan kontribusi dalam indeks pembangunan melalui beragam program pemberdayaan.

Read more »



February
15
Layanan Virtual Account
Posted By Najmah on 15 Feb 2016 16:01

Saat ini, RZ bekerjasama dengan Bank BCA dan Bank Permata Syariah untuk Virtual Account. Virtual Account adalah Nomor rekening virtual yang disediakan oleh Bank untuk setiap donatur Rumah Zakat tanpa harus membuka rekening di Bank tertentu.

Donatur tidak perlu lagi menghafal nomer rekening Rumah Zakat di beberapa bank karena dengan Virtual Account setiap donatur akan memiliki nomor “rekening donasi pribadiyang digunakan sebagai rekening tujuan pada saat melakukan transfer donasi. Pada saat transfer donasi melalui rekening Virtual Account, akan muncul nama donatur sebagai pemilik rekening & bukan memunculkan nama Yayasan Rumah Zakat Indonesia seperti cara transfer biasa. Dengan Virtual Account, setiap donatur akan memiliki nomor rekening pribadi yang digunakan sebagai rekening tujuan pada saat melakukan transfer donasi

Read more »



January
18
Migrasi Data Website www.rumahzakat.org
Posted By Najmah on 18 Jan 2016 10:30

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada Yth.Bapak/Ibu donatur,

Sehubungan dengan proses migrasi ke tampilan yang baru, berdampak tidak bisa diaksesnya website kami www.rumahzakat.org dalam beberapa waktu dan berikut rinciannya:

Hari/Tanggal: Senin / 18 Januari 2016
Waktu: Pukul 09.00 WIB - Selesai
Estimasi Downtime: 8 Jam
Kegiatan: Migrasi data website

Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya. InshaAllah Website dapat diakses kembali di tanggal 19 Januari 2016

Terimakasih

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Read more »



December
16
Bayar Zakat, Bisa Mengurangi Pajak Penghasilan
Posted By Khairi Syafrina on 16 Dec 2015 10:55

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sobat zakat, beberapa minggu lagi tahun 2015 akan berakhir. Bagi sobat zakat yang rutin membayar zakat Tahunan masih ada waktu untuk membayarnya.

Satu hal yang menarik apabila sobat zakat rajin membayar zakat, ternyata zakat yang sudah dikeluarkan juga bisa menjadi pengurang dari pajak penghasilan yang harus dibayarkan ke Pemerintah.

 

Apa saja persyaratannya? Apakah ada Dasar Hukumnya mengenai bayar zakat bisa mengurangi Pajak Penghasilan ? Bagaimana caranya untuk bisa mengurangi Pajak Penghasilan ?

 

  • Dasar Hukum

Dasar hukumnya adalah Peraturan Dirjen Pajak No.PER-6/PJ/2011 yang mengatur mengenai pelaksanaan pembayaran atas zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib dapat dikurangi dari penghasilan bruto.Peraturan ini mulai diberlakukan sejak tanggal 21 Maret 2011.

Yang dapat dikurangi dari penghasilan bruto meliputi:

  1. Zakat yang dibayarkan oleh wajib pajak orang pribadi pemeluk Islam dan/atau wajib pajak badan dalam negeri yang dimiliki oleh pemeluk agama Islam kepada Badan Amil Zakat atau Lembaga Amil Zakat yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah.
  2. Sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi wajib pajak orang pribadi pemeluk agama selain agama Islam dan/atau oleh wajib pajak badan dalam negeri yang dimiliki oleh pemeluk agama selain Islam, yang diakui di Indonesia yang dibayarkankepada Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan Pemerintah.

 

  • Persyaratan

Berikut ini persyaratan zakat bisa mengurangi pajak penghasilan:

  1. Wajib pajak, wajib melampirkan foto kopi bukti pembayaran zakat pada Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Tahun Pajak dilakukannya pengurangan Zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib.
  2. Bukti pembayaran zakat secara langsung atau melalui transfer rekening bank atau pembayaran melalui ATM, memuat:
  • Nama lengkap Wajib Pajak dan NPWP pembayar
  • Jumlah pembayaran
  • Tanggal pembayaran
  • Nama Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah
  • Tanda tangan petugas Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah, di bukti pembayaran.
  1. Bentuk Bukti pembayaran zakat yang resmi dan dilampirkan pada Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Tahun Pajak adalah Bukti Pembayaran Zakat yang di print pada kertas yang berlogo Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk oleh Pemerintah, yang memuat:
  • Nama lengkap Wajib Pajak dan NPWP pembayar
  • Jumlah pembayaran
  • Tanggal pembayaran
  • Nama Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah
  • Tanda tangan petugas Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atauLembaga Keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah, di bukti pembayaran.

 

  • Cara untuk mendapatkan Bukti Pembayaran Zakat

Berikut ini cara untuk mendapatkan bukti pembayaran Zakat dari Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan yang di bentuk atau oleh Pemerintah:

  1. Sobat Zakat berkunjung ke kantor pelayanan yang sudah terdaftar sebagai donatur/muzakki di Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau Lembaga Keagamaan.
  2. Sampaikan kepada petugas Frontliner untuk di print kan bukti pembayaran zakat periode Januari s/d Desember.
  3. Jangan lupa minta tanda tangan asli dari petugas Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat atau Lembaga Keagamaan + Cap dari Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat atau Lembaga Keagamaan, pada bukti pembayaran zakat yang sudah di print kan.

 

 

 

 

 

 

 

Read more »



December
10

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Atas nama Manajemen RZ, kami menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatannya pengiriman kornet kepada donatur yang telah memilih akad untuk mengambil/dikirimkannya hak pequrbannya di Program Superqurban 2015.

Dikarenakan ekspedisi tujuan Ke Jayapura mengalami penundaan, menjelang Natal 2015 ini arus mudik cukup padat dan ekspedisi mengutamakan angkutan untuk membawa para pemudik terlebih dahulu. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, sekali lagi kami mengucapkan mohon maaf dan terimakasih atas permaklummannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Read more »



November
25
Pemberitahuan Pengiriman Kornet Superqurban
Posted By Widyani Rochmatin on 25 Nov 2015 17:44

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Terima kasih telah memilih RZ dalam menyalurkan donasi Zakat, Infaq, Sedeqah, Kurban dan sinerginya untuk memberdayakan Indonesia selama 2015.

Perkenankan kami menyampaikan bahwa Kornet Superqurban 2015 alhamdulillah sudah selesai proses produksi. Bagi donatur yang pada saat berdonasi Superqurban ingin mengambil sebagian hak kurbannya dan memilih layanan pengiriman ke alamat domisili atau silaturahmi, pengiriman akan kami lakukan di awal-akhir bulan Desember 2015. Sementara bagi donatur yang memilih layanan mengambil kornet Superqurbannya di kantor layanan RZ, dapat datang langsung ke kantor pada rentang waktu yang sama.

Read more »



November
15
Haruskah Zakat pakai ijab Qabul (akad)?
Posted By Najmah on 15 Nov 2015 06:54

Ijab qabul adalah adalah suatu perbuatan atau pernyataan untuk menunjukkan suatu keridhaan dalam berakad di antara dua orang atau lebih. Berdasarkan pengertiaan di atas, dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan ijab qabul adalah suatu yang sengaja dilakukan oleh kedua belah pihak berdasarkan persetujuan masing-masing dan menunjukan kehendak kedua belah pihak.

Ada ulama yang menjelaskan bahwa menunaikan zakat harus terdapat akad penyerahan dan penerimaan zakat (wajib adanya ijab kabul). Jika tidak maka zakatnya dianggap sebagai sadaqah/sunnah saja. ijab qabul zakat hendaknya disebutkan secara jelas yaitu dengan menyatakan: “Aajaraka Allahu fi maa a’thaita wa baraka fi maa abqaita” (mudah-mudahan Allah memberikan pahala pada harta yang telah engkau berikan dan mudah-mudahan pula Allah memberikan keberkahan pada harta anda yang lainnya). Baik itu ditunaikan secara langsung kepada yang membutuhkan atau melalui BAZ/LAZ. Hal inilah yang dijelaskan Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili dalam bukunya ”Al-Fiqh al-Islam wa adillatuhu” menyerahkan zakat kepada mustahik langsung atau kepada wakilnya yaitu imam atau petugas zakat (BAZ/LAZ) merupakan rukun zakat.

Read more »



November
11
Jam Operasional Kantor Pelayanan RZ Cabang Bandung-Dago
Posted By Khairi Syafrina on 11 Nov 2015 14:35

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Kami informasikan khusus untuk sobat Zakat yang berada di wilayah Bandung, bahwa pada tanggal 12 November 2015, Kantor Pelayanan RZ Cabang Bandung-Dago menerima pelayanan kunjungan donatur dari Pkl. 13.00 s/d 17.00.

Apabila sobat Zakat ingin berkunjung dan berdonasi ke RZ Cabang Bandung-Dago sebelum Pkl. 13.00, sobat Zakat bisa mengunjungi ke kantor pelayanan RZ Cabang Bandung-Turangga atau ke RZ Cabang Bandung-Antapani. Atau sobat Zakat bisa langsung berdonasi melalui payment channel RZ.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Apabila ada informasi terkait pelayanan silahkan sobat Zakat mengirimkan tiket di https://care.rumahzakat.org

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

  _Khairi Syafrina_

Service Quality Management Departement Head

Read more »



November
09
Jam Operasional Kantor Pelayanan RZ
Posted By Khairi Syafrina on 09 Nov 2015 16:55

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sobat Zakat yang di rahmati Allah SWT, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kelimpahan, kesehatan, dan keberkahan untuk sobat zakat semua.

Sobat Zakat, Kantor Pelayanan RZ sampai dengan saat ini sudah ada dari Aceh sampai Jayapura. Apabila sobat zakat tinggal di Padang, kantor pelayanan RZ juga ada di Padang.

Waktu pelayanannya juga lebih lama. Bahkan hari Sabtu dan Ahad kami juga membuka pelayanan untuk sobat zakat yang ingin langsung berdonasi melalui kantor pelayanan RZ.

Read more »



November
03
Layanan Kemudahan Donasi Beasiswa Host to Host ATM Bersama
Posted By Asriyanti Octaviana on 03 Nov 2015 14:44

Sobat Zakat yang di Rahmati Allah, bagaimana kabar Sobat Zakat? Semoga Allah selalu memberikan nikmat kepada Sobat Zakat berupa nikmat kesehatan dan rizki yang berlimpah.

Salah satu program utama RZ dalam pemberdayaan di bidang pendidikan adalah Beasiswa Ceria dan Juara. Dalam program ini Sobat Zakat dapat menjadi donatur sebagai orangtua asuh yang donasinya setiap bulan akan kami salurkan sebagai beasiswa pendidikan dari data anak asuh yang di pilihnya.

Read more »



October
29
Pentingnya Melakukan “Konfirmasi Donasi”
Posted By Asriyanti Octaviana on 29 Oct 2015 12:22

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Sobat Zakat yang dimuliakan Allah, semoga selalu diberikan limpahan rahmat dan kasih sayang Allah. Aamiin.

Sobat Zakat, kami selama ini sering sekali mendapatkan pertanyaan dari donatur, “kenapa saya harus selalu melakukan konfirmasi donasi, setiap saya selesai berdonasi?” atau “Apakah harus selalu konfirmasi, bagaimana caranya?”

Read more »




Customer Care RZ by Validata Teknologi