News

PEMUDA DESA HARUS BERJIWA CREATIVEPRENEUR

Blog Single

Sahabat, ini dia Bachtiar Rivai Fasilitator Desa Berdaya Simbangdesa, Batang. Pria yang sering dipanggil Bachtiar ini mengaku sempat bingung membuat program. Jika di desa lain ada pemberdayaan ternak, beda dengan di desanya, mayoritas warga membuka usaha bengkel las. Namun dari sanalah, Bachtiyar menemukan ide brilian untuk mengembangkan usaha warganya.

Akhir tahun 2018 Bachtiyar memutuskan membuka workshop furniture yaitu membuat kursi, meja, dan rak berbahan dasar drum bekas. Tak hanya itu laki-laki kelahiran Batang tersebut membuat gebrakan dengan membuat sebuah ilm yang dilakoni oleh anak-anak Desa Simbangdesa. Film sederhana ini menurutnya diperuntukan untuk warga desa.

Alhamdulillah, dalam waktu satu tahun Bachtiyar sudah bisa membawa hasil karya binaannya pameran di Batang Expo. Dan dari sana mulai lah permintaan terhadap furniture buatan kelompok usaha yang diinisiasinya dilirik banyak orang.

Selain mengembangkan ekonomi kreatif bapak satu ini juga menginisiasi program pemberdayaan di bidang pendidikan, kesehatan, serta komunitas. Di bidang pendidikan ia membuka taman baca dan membuat gerakan tidak merokok dalam rumah. Menurutnya asap rokok sudah sangat berbahaya terlebih di dalam rumah ada anak-anak.

Ada banyak yang ingin dilakukan oleh Bachtiyar untuk membangun desanya, namun menurutnya semua harus bertahap. Setidaknya geliat ekonomi kreatif di Desa Berdaya Simbangdesa sudah mulai terlihat dan diapresiasi oleh banyak orang.

Kedepan Bachtiyar sangat ingin membuka toko online untuk pemasaran furniture karya binaannya.

“Semoga apa yang saya lakukan ini bisa bermanfaat untuk warga dan terutama untuk diri saya sendiri, jadi amal jariyah,” katanya.
Sahabat, yuk terus berkontribusi dalam upaya memberdayakan Masyarakat di seluruh Desa Berdaya yang ada di Indonesia #DimulaiDariZakatKita

Link Zakat : bit.ly/zakatinaja

Transfer Zakat:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

#RumahZakat #CeritaKebahagiaan #Pemberdayaan #Zakat #DesaBerdaya #KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita

Share this Post: