News

Gambar Tidak Tersedia

Tahukah Kamu? Berenang Itu Banyak Manfaatnya

Sahabat, berenang itu begitu menyenangkan bukan? Banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu berenang juga salah satu olah raga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”. (Dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya)

Nah, selain itu ini dia 6 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan suasana hati (mood)
Ketika kita berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati. Termasuk ketika kita berenang.

2. Membantu mengatasi masalah gangguan tidur
Orang yang sering mengalami gangguan tidur insomnia, dapat merasakan manfaat renang bagi tubuh jika melakukannya secara rutin.

3. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa renang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

4. Membakar kalori dalam tubuh
Jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dilakukan.

5. Mengurangi tingkat keparahan penyakit asma
Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu kita dalam mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat renang bagi tubuh yang satu ini tentu baik bagi penderita asma.

6. Aman dilakukan saat sedang hamil
Manfaat renang bagi tubuh ibu hamil bisa diperoleh berkat air yang membantu dalam menahan beban tubuh ketika ibu hamil sedang berenang.

#TipsKesehatan #RZInspirasi #RumahZakat #Renang #Berenang #OlahRaga #KolamRenang #SunnahNabi #Olahraga #RZTips #KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #Sehat #Bahagia #Kesehatan
Gambar Tidak Tersedia

MANFAAT MENUNAIKAN ZAKAT

MANFAAT MENUNAIKAN ZAKAT

Menunaikan zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam sebagai kepatuhan kepada Allah SWT, termasuk berguna bagi sesama yang membutuhkannya. Dengan zakat mengajarkan seseorang akan keikhlasan dan kedermawanan, sekaligus meningkatkan rasa kepedulian terhadap penderitaan fakir miskin. Apa saja sebenarnya manfaat zakat dilihat dari segi akhlak, keagamaan dan sosial?

Selain memberikan manfaat dari segi keagamaan dan memperbaiki akhlak, zakat juga bisa dirasakan dari segi sosial. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan bagi seseorang yang dengan ikhlas menunaikan zakat?

a. Zakat bisa membantu fakir miskin dalam memenuhi kebutuhannya.

b. Zakat mampu memperkuat tali persaudaraan dan ukhuwah islamiyah.

c. Menunaikan zakat bisa menghilangkan rasa iri hati dan dengki yang bersemayam di dada para fakir miskin. Keberadaan orang-orang kaya itu sama sekali tidak memberikan manfaat apapun bagi orang yang tidak mampu secara ekonomi. Sedangkan para orang kaya itu tidak menunaikan zakat dan bersedekah kepada fakir miskin.Sehingga terhindar dari bentrokan secara fisik dan menghilangkan segala penyakit hati.

d. Menunaikan zakat bisa menambah harta dan meningkatkan keberkahan harta. Seperti yang tertuang di dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang menyatakan sedekah itu tidak mengurangi harta.

e. Zakat akan memperluas peredaran harta. Hal ini karena dengan membayar zakat maka harta tidak berhenti pada satu titik, tapi bisa menyebar ke banyak orang.Dengan begitu manfaat zakat tidak hanya bersifat individu saja, tapi juga secara luas kepada masyarakat.

Yuk tunaikan zakat sekarang 😊
.

Transfer zakat:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Zakat : https://www.rumahzakat.org/donasi/#zakat

#Zakat #RumahZakat #PenawarHarta #KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariZakatKita #DimulaiDariKita #DimulaiDariDonasiKita #HappinessStory #Bahagia #EdukasiZakat #Zakatku #ZakatKita #CintaZakat #RukunIslam #Kewajiban

Gambar Tidak Tersedia

ZAKAT ITU RINGAN

ZAKAT ITU RINGAN

Setiap kita hendaklah memiliki amalan unggulan yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Untuk orang cenderung terhadap suatu amal, ia akan merasa ringan melakukannya bahkan menikmatinya.

Walau ringan, ternyata itulah salah satu hal yang dapat memberatkan timbangan pahala kita. Hingga dengan amalan unggulan itu, Allah ridha kepada kita, dan ridha Allah ini yang nantinya akan menyampaikan kita ke surga.

Dari Aisyah r.a., bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, “…Dan amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang langgeng (terus menerus) meskipun sedikit” (HR. Bukhari)

Semua orang mempunyai potensi amal yang luar biasa, ada yang kuat shaumnya, ada yang kuat tilawahnya atau hafalannya, ada yang kuat sedekahnya, ada yang kuat sholat malamnya, ada juga yang rajin sholat dhuha.

Maka, jangan pernah sepelekan amal yang nampak ringan. Diantaranya adalah zakat yang hanya 2.5% saja dari harta kita.

Raih keberkahan #DimulaiDariZakatKita

Transfer zakat:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Link Zakat>> https://www.rumahzakat.org/donasi/#zakat
#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #DimulaiDariZakatKita #SaatnyaZakat #Zakat #Infak #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHappiness

Gambar Tidak Tersedia

ZAKAT DAN HARTA

Dua hal yang tidak bisa dipisahkan

Jika kita berbicara tentang zakat, maka kaitannya adalah dengan harta. Dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dalam Firman Allah telah disebutkan :
.
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" (At-Taubah : 103)

Harta yang kita miliki jika sudah mencapai nishab maka wajib untuk ditunaikan zakatnya. Dan zakat-zakat yang kita lakukan akan menjadikan harta kita bersih dan suci dan zakat juga bisa menjadikan jiwa kita tentram karena sudah melaksanakan apa yang menjadi kewajiban.

Sahabat, yuk periksa harta kita apakah sudah wajib ditunaikan zakatnya?

Zakat dalam kehidupan masyarakat sangat banyak manfaatnya, zakat bisa mengentaskan kemiskinan dan menjadikan Indonesia semakin berdaya dan semakin Bahagia.

Maukah kamu menjadi bagian dari #KebahagiaanIndonesia bersama Rumah Zakat?

Karena semua itu #DimulaiDariZakatKita

Transfer zakat:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Zakat : https://www.rumahzakat.org/donasi/#zakat

#Zakat #RumahZakat #PenawarHarta #KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariZakatKita #DimulaiDariKita #DimulaiDariDonasiKita #HappinessStory #Bahagia #EdukasiZakat #Zakatku #ZakatKita #CintaZakat #RukunIslam #Kewajiban

Gambar Tidak Tersedia

PERBEDAAN ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH

PERBEDAAN ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH

Zakat adalah kewajiban harta yang spesifik, memiliki syarat tertentu, alokasi tertentu dan waktu tertentu. Zakat memiliki kekhususan yang berbeda dengan infak atau shadaqah. Seperti zakat fitrah yang dilaksanakan hanya setahun sekali menjelang hari raya Idhul Fitri.

Semua dana zakat baik itu zakat penghasilan, zakat perdagangan, zakat pertanian dan zakat yang lainnya merupakan dana terikat yang yang alokasi dan distribusinya hanya diberikan kepada delapan asnaf (golongan) yang disebutkan dalam surat At-Taubah: 60.

Sedangkan infak adalah mengeluarkan atau membelanjakan harta yang mencakup zakat dan non-zakat. Infak ada yang wajib ada yang sunnah. Infak wajib diantaranya kafarat, nadzar, zakat dll. Infak sunnah diantaranya infak kepada fakir miskin sesama muslim, infak bencana alam dll. Berbeda dengan zakat, dana infak dapat diberikan kepada siapapun meskipun tidak termasuk dalam delapan asnaf.

Shadaqah maknanya lebih luas dari zakat dan infak. Shadaqah dapat bermakna infak, zakat dan kebaikan non-materi. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah saw memberi jawaban kepada orang-orang miskin yang cemburu terhadap orang kaya yang banyak bershadaqah dengan hartanya, beliau bersabda.
.
“Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap takbir shadaqah, setiap tahmid shadaqah, setiap tahlil shadaqah, amar ma’ruf shadaqah, nahi munkar shadaqah dan menyalurkan syahwatnya pada istri juga shadaqah”. Transfer zakat:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Zakat>> https://www.rumahzakat.org/donasi/#zakat

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #SaatnyaZakat #RumahZakat #SharingHappiness #Zakat #Sedekah #Sharing #Happiness #Berbagi #Donasi #DonasiOnline

Gambar Tidak Tersedia

NIKMATNYA BERSYUKUR INDAHNYA BERSABAR

Syukur dan sabar adalah dua hal penting yang harus selalu kita amalkan dalam menjalani kehidupan. Saat memperoleh hal yang menyenangkan, bersyukurlah atas pemberian Allah itu. Namun di saat kita memperoleh hal yang tidak diinginkan, bersabarlah. Karena segala sesuatu yang Allah berikan, seburuk apapun itu menurut kita, pasti ada kebaikan yang tersimpan di dalamnya.

Sungguh indah Allah menciptakan rasa syukur dan sabar dalam diri kita. Keduanya jika dipadukan akan membentuk kekuatan yang luar biasa. Kekuatan yang akan membuat kita selalu merasa bahagia dalam menapakkan kaki menyusuri jalan kehidupan yang penuh dengan liku-liku ini.
Ketika kesenangan datang menghampiri, rasa syukur akan menjadikan kita selalu ingat pada Allah Yang Maha Pengasih. Ketika kesulitan datang menerpa, kesabaran akan menahannya sehingga kita tidak terjatuh ke dalam jurang keputus-asaan.

Begitulah syukur dan sabar saling melengkapi. Keduanya akan menuntun kita menjadi manusia yang mulia.
Syukur akan menjadikan kita rendah hati dan tidak sombong atas segala yang dimiliki. Karena kita tahu bahwa itu semua hanyalah titipan, yang suatu saat akan kembali diambil oleh Allah.

Sabar akan menjadikan kita hamba yang selalu bertawakkal. Menyerahkan diri kepada Allah atas semua yang terjadi. Karena segala sesuatu yang terjadi pada diri kita adalah karena kehendak Allah. Terima semuanya dengan lapang dada. Berusahalah untuk mengambil hikmah yang Allah sertakan di setiap kesulitan yang menimpa.

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Serta selalu bersabar dari setiap ujian yang Allah timpakan.

www.rumahzakat.org

#KebahagiaanIndonesia #BerawalDariKita #RZInspirasi #Happy #Energy #RumahZakat #SharingHappiness #Zakat #Sedekah #Sharing #Happiness #Berbagi #Donasi #DonasiOnline
Gambar Tidak Tersedia

SEDEKAH UNTUK ORANGTUA YANG TELAH WAFAT

SEDEKAH UNTUK ORANGTUA YANG TELAH WAFAT

Sedekah yang dikeluarkan seorang anak untuk salah satu atau untuk kedua orang tuanya yang telah meninggal dunia, maka pahalanya akan sampai kepada keduanya. Selain itu segala amal shalih yang diamalkan anaknya maka pahalanya akan sampai kepada kedua orang tuanya tanpa mengurangi pahala si anak tersebut, sebab si anak merupakan hasil usaha kedua orang tuanya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
.
"Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya". (An-Najm 53:39)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya sebaik-baik apa yang dimakan oleh seseorang adalah dari hasil usahanya sendiri, dan sesungguhnya anaknya adalah hasil usahanya". (HR Ahmad)

Apa yang ditunjukkan oleh ayat Al-Qur`an dan hadits di atas diperkuat lagi oleh beberapa hadits yang secara khusus membahas tentang sampainya manfaat amal shalih sang anak kepada orang tua yang telah meninggal, seperti sedekah, puasa, memerdekakan budak, dan lain-lain semisalnya.

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma bahwasanya ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
.
“Sesungguhnya ibuku meninggal dunia secara tiba-tiba (dan tidak memberikan wasiat), dan aku mengira jika ia bisa berbicara maka ia akan bersedekah, maka apakah ia memperoleh pahala jika aku bersedekah atas namanya (dan aku pun mendapatkan pahala)? Beliau menjawab, “Ya, (maka bersedekahlah untuknya).” (HR al-Bukhari)

Sahabat yuk kita lakukan yang terbaik untuk orang tua kita. Berbakti dengan penuh jika mereka masih ada. Dan persembahkan sedekah jika mereka sudah tidak ada.

Transfer Donasi:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Sedekah: https://www.rumahzakat.org/donasi/#infak-sedekah

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #DimulaiDariSedekahKita #Zakat #Infak #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHappiness #bahagia #infaq

Gambar Tidak Tersedia

Sahabat salah satu penyebab utama kematian mendadak Adalah Serangan Jantung

Walau kita paham kematian adalah takdir yang kita tak akan terlepas dari kita, namun tidak ada salahnya jika kita mengenali gejala Serangan Jantung ini

Meski ada yang mengalami serangan jantung mendadak, kebanyakan kasus serangan jantung mulai secara perlahan, yakni dimulai dengan rasa sakit ringan atau tidak nyaman.

Berikut adalah gejalanya

1. Nyeri dada. Bagian ini biasanya terasa seperti ditekan atau diremas pada dada sebelah kiri.
2. Tidak nyaman di bagian tubuh atas seperti lengan, punggung, bahu, leher, rahang, atau bagian atas perut (di atas pusar).
3. Rasa tidak nyaman tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit atau hilang dan kembali lagi. Kadang disertai dengan rasa gelisah dan detak jantung cepat.
4. Sesak napas. disertainkeringat dingin, kepala terasa pusing, dan tubuh terasa lemas.
5. Muncul gejala lainnya seperti batuk, mual, muntah sering terjadi pada wanita.

Semoga kita dikaruniakan kesehatan, jikapun kita nantinya dipanggil mendadak, semoga Allah berikan Husnul Khotimah untuk kita Aamiin

Yuk share info ini jika bermanfaat

#RumahZakat #Kesehatan #SeranganJantung #Sehat #Heart
Gambar Tidak Tersedia

SEDEKAH BERNILAI BESAR

SEDEKAH BERNILAI BESAR

Bisa jadi sedekah yang sedikit lebih besar nilainya di sisi Allah dibandingkan sedekah dengan jumlah besar tanpa disertai pengetahuan yang benar tentang sedekah yang bermanfaat dan diterima oleh Allah.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam bersedekah agar sedekah kita benar-benar bermanfaat dan bernilai besar di sisi Allah.

1. Tidak riya dalam sedekah.

Riya/sum’ah bagian dari perbuatan syirik. Hal ini bisa menggugurkan amalan seseorang. Maka hendaknya ketika bersedekah benar-benar menghadirkan hati yang ikhlas ingin menggapai ridha Allah bukan karena ingin dilihat atau diketahui oleh orang lain.

2. Tidak mengungkit-ungkit.

Mengungkit-ungkit sedekah yang telah dikeluarkan bisa meruntuhkan pahala sedekah. Oleh karena itu hendaknya kita menghindari sikap mengungkit-ungkit sedekah yang telah kita keluarkan.

3. Tidak menyakiti perasaan orang yang diberi.

Terkadang, seorang yang bersedekah karena merasa dirinya memiliki keutamaan dari orang lain yang dia beri sedekah, mengatakan suatu ucapan atau melakukan sebuah perbuatan yang menyakiti orang yang dia beri sedekah. Hal ini pun bisa menyebabkan pahala sedekahnya menjadi sia-sia.
.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (Al-Baqarah: 264)

Yuk tumbuhkan kebahagiaan #DimulaiDariSedekahKita

Transfer Donasi:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Sedekah: https://www.rumahzakat.org/donasi/#infak-sedekah

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariSedekahKita #DimulaiDariKita #Zakat #Infak #Infaq #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHappiness

Gambar Tidak Tersedia

SEDEKAH TIDAK HARUS BERUPA ‎HARTA ATAU UANG

SEDEKAH TIDAK HARUS BERUPA ‎HARTA ATAU UANG

Ada sedekah yang sangat mudah untuk kita lakukan, tanpa perlu banyak mengeluarkan ‎tenaga, yaitu “senyuman” hanya dengan sedikit menarik wajah dan bibir hingga terbingkai sebuah senyuman yang indah dan manis.

Kalaupun sulit untuk memberikan senyuman, janganlah sampai menampakkan wajah yang muram bahkan sinis. Tampilkan wajah yang indah, menyenangkan, dan menenangkan untuk dipandang.

Dengan ‎menampakkan keceriaan di wajah, kita akan mendapatkan pahala sama seperti ‎pahala orang yang bersedekah. Senyum memberikan banyak manfaat. Namun yang membuat senyum tulus tak sia-sia dan amat berharga adalah karena kita telah bersedekah di dalamnya.

Tersenyumlah dan hangatkan dunia dengan kebaikan #DimulaiDariSedekahKita.

Transfer Donasi:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Zakat : https://www.rumahzakat.org/donasi/#zakat

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariSedekahKita #Zakat #Infak #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHappiness #bahagia #infaq

Gambar Tidak Tersedia

JEMPUT KEBAIKAN DENGAN SEDEKAH

JEMPUT KEBAIKAN DENGAN SEDEKAH

Salah satu jalan untuk mendapatkan kebaikan adalah dengan cara bersedekah, dengan melakukan sedekah, maka seribu kebaikan akan datang.

Kamu bisa mendapatkan banyak sekali kebaikan dengan melakukan sedekah, tidak hanya pahala namun dengan melakukan sedekah berbagai kebaikan lain juga akan datang.

Misalnya mendapatkan rezeki yang lebih melimpah, mendapatkan banyak teman, dan lain-sebagainya. Yuk sahabat mulai sekarang kita membiasakan diri menjadi orang yang senang melakukan kebaikan #DimulaiDariSedekahKita.

Transfer Donasi:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Sedekah: https://www.rumahzakat.org/donasi/#infak-sedekah

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #DimulaiDariSedekahKita #Zakat #Infak #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHappiness.

Gambar Tidak Tersedia

YUK TERSENYUM!

YUK TERSENYUM!

Senyum adalah sedekah, orang yang tersenyum merupakan orang yang mampu memberikan rasa aman dan rasa persahabatan pada orang lain.

Senyum adalah cara yang paling mudah dan paling murah untuk berbagi sukacita, harapan, dan kebahagiaan kepada sesama.

Ketika kita memberikan senyuman tulus kepada orang lain, disaat itulah kita membagi kebahagiaan, walaupun saat itu kita sendiri tidak sedang merasa senang dan bahagia, namun senyuman yang kita berikan juga meringankan setiap “beban” dipundak kita.

Percaya atau tidak senyum dapat menular, dan menimbulkan aura positif, saat kamu memutuskan tersenyum maka kebahagiaan tidak hanya hadir pada dirimu tapi juga pada orang lain.

Yuk sahabat, mulailah hari dengan hal yang positif, kurangi keluhan dan cobalah untuk lebih bahagia dan membahagiakan #DimulaiDariSedekahKita.

Transfer Donasi:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Sedekah: https://www.rumahzakat.org/donasi/#infak-sedekah

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariSedekahKita #Zakat #Infak #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHappiness