News

TERNYATA MASJID TERBESAR DI FILIPINA BERASAL DARI WAKAF

Blog Single

Masjid ini bernama Masjid Sultan Hassanal Bolkiah di Cotabato, Filipina yang berdiri sejak tahun 2011. Pembangunan masjid berasal dari dana wakaf Sultan Brunei Darussalam di atas tanah wakaf muslim Filipina yaitu Mrs. Datu Didagen Piang Dilangalen. Masjid ini menandai 25 tahun hubungan diplomatik Brunei Darussalam dan Filipina.

Arsitektur masjid bisa dibilang sangat megah, berada di tanah seluas 5.000 m2, kubahnya berlapis emas, dan diapit menara setinggi 43 meter setara dengan bangunan berlantai 15 tingkat. Tak heran, masjid ini langsung menjadi masjid terbesar di Filipina. Kapasitas masjid dapat menampung hingga 1200 jamaah sekaligus dengan rincian 800 jemaah pria dan 400 jemaah wanita.

Menurut sejarah, Islam masuk ke Filipina sejak abad ke-14 oleh para pedagang Arab. Orang Indonesia juga turut andil dalam penyebaran agama Islam yaitu Rajah Baginda dari Minangkabau di tahun 1390. Selanjutnya agama Islam terus mendapat tempat di hati penduduk Filipina. Hingga akhirnya mayoritas penduduk di Selatan Filipina memeluk agama Islam.

Masjid Sultan Hassanal Bolkiah terletak di sisi Teluk Moro dan Sungai Tamontaka. Saat berkunjung ke sana melalui jalur udara, Sahabat bisa melihat keindahannya karena lokasi masjid yang ada diantara bandara dan pantai.

#gelombangwakaf #rumahzakat #bahagiaberwakaf #faktawakaf #masjidwakaf #wakafmasjid #filipina

Share this Post: