News

Manfaat Mendengarkan Cerita Anak

Blog Single

Anak-anak pada dasarnya adalah sosok manusia baru yang benar - benar baru  yang ada didunia ini sehingga mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Serta mereka juga perlu untuk memiliki wawasan yang luas dari orang - orang yang lebih dewasa disekitar mereka yang otomatis memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengalaman dibanding mereka. Anak - anak sangat amat perlu untuk dituntun dan ditunjukkan mana baik dan mana buruk. Karena memang benar mereka layaknya kertas putih sehingga perlu coretan baiknyang menjadikan mereka sesuatu yang bermanfaat.

Perlu diketahui bahwa anak - anak juga memiliki perasaan layaknya kita, walaupun mereka sendiri tidak bisa mendefinisikan perasaan mereka sendiri. Bahkan mereka memiliki perasaan yang lebih halus daripada pada orang dewasa. Maka perlu digaris bawahi bahwa anak - anak juga perlu tempat untuk bercerita, perlu orang - orang yang mau mendengarkan cerita mereka dan mampu memilahkan mana yang baik dan buruk untuk mereka, sekali lagi agar mereka tidak tersesat.


Mereka juga ingin mendapat perhatian anda walau hanya seujung jari, sehingga beberapa anak akan terus mengulang pertanyaan yang sama dengan ditambah memanggil - manggil anda serta sedikit tarikan ujung baju. Maka alangkah baiknya anda luangkan sedikit waktu untuk menatap mata anak anda dengan dalam, fokuskan perhatian anda untuk anak anda, dan dengarkan kisahnya sejenak saja agar ia merasa bahagia karena ia merasa dianggap atau diakui keberadaannya.      

Dengan melakukan hal terdebut niscaya anda akan takjub dan merasa bahwa banyak sekali waktu berharga yang anda lewatkan dengan anak anda.


  Dengan cara anda yang selalu perhatian, ingin tahu apa kegiatannya sehari - hari dan selalu mendengarkan ceritannya anda dan anak akan sama - sama mendapat manfaat, berikut manfaatnya.

Beberapa manfaat untuk anak :


1. Merasa Diakui
  Anak akan merasa diakui karena ia didengarkan dan mendapat perhatian dan solusi, sehingga dengan dilakukannya ini anak tidak akan menjadi pribadi yang penyendiri, memendam masalah sendiri dan melakukan hal- hal yang tidak diinginkan.


2. Merasa Aman dan Terlindungi
  Ketika anda sabar dan penuh perhatian ketika mendengarkan anak anda, maka anak anda akan merasa aman berada didekat anda serta membagi semuannya dengan anda serta ketika anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalahnya maka sianak akan merasa terlindungi karena ia dapat menyelesaikan masalahnya dengan pertimbangan solusi dari anda, tapi tetap yang pertama tanya dulu anak anda dulu bagaimana baiknya menurutnya lalu anda sebagai orang tua bisa mengarahkan.


3. Menjadi Pribadi yang Jujur
  Karena ia akan terbiasa mengatakan apa yang sesungguhnya, dan sesuai dengan yang benar - benar terjadi.


  Sedangkan manfaat untuk
orang tua adalah


1. Orang Tua rasa Sahabat


  Anak pada umumnya akan merasa lebih percaya teman dekat daripada orang tua. Dengan anda sharing dengan anak anda maka anak anda akan merasa bahwa anda adalah sosok terbaik dan sosok yang pas untuk bercerita sehingga secara langsung anda juga dapat mengkritik,memberi saran secara langsung tanpa menyinggung. Karena pada dasarnya anak sudah merasa nyaman

. Tapi tetap saya ingatkan anda sendiri juga harus mengontrol jangan terlalu menekan, mengekang anda harus tahu kondisi agar anak tidak merasa kecewa dengan menjadikan anda teman ngobrolnya, atau teman menyalurkan keluh kesahnya.


2. Memantau Perkembangan
  Anda dapat memantau perkembangan anak tanpa menjadi mata - mata (anda harus memiliki lebih besar rasa percaya daripada rasa waspada) karena disini anda akan tahu bagaimana anak disekolah, atau hubungan dengan teman, atau lainnya dan saya rasa ia berkata jujur karena mengingat anda teman terbaik untuk bercerita.

Sumber : https://www.kompasiana.com/dianaputri/5a01d63c8dc3fa65fe4f32f2/manfaat-mendengarkan-cerita-dari-anak

Share this Post: