News

Memilih Hewan Terbaik untuk Kurban

Blog Single

Carilah hewan kurban sapi atau domba terbaik, karena hewan kurban terbaik ini adalah hal yang dianjurkan dalam Islam.

Kambing gibas (kabsy) adalah jenis kambing yang paling afdhol (paling utama). Namun dilihat dari hewan kurban, yang paling afdhol adalah unta, lalu sapi, kemudian kambing (dipetik dari hadits keutamaan shalat Jum’at)

Hewan jantan untuk kurban lebih afdhol dibanding hewan betina karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits ini menyembelih dengan gibas (domba jantan), ditambah daging jantan itu lebih thoyyib (lebih enak).

Lebih afdhol juga berkurban dengan hewan bertanduk daripada yang tidak. Namun berkurban dengan yang tidak bertanduk juga tetap sah.

Ciri-ciri hewan yang terbaik untuk kurban adalah: (1) gemuk, (2) warna putih atau warna putih lebih mayoritas, (3) berharga.

Disyari’atkan mengucapkan bismillah dan takbir saat menyembelih hewan kurban, yaitu dengan mengucapkan, “Bismillah wallahu akbar.” Adapun mengucapkan “bismillah” itu wajib. Sedangkan mengucapkan “Allahu akbar” dihukumi sunnah.

Sumber : rumaysho.com
-------------------------------------------------
Jangan lupa, kalau mau qurban, Superqurban aja!

Info lebih lanjut, klik link : http://rumahzakat.org/superqurban

Transfer Donasi :
BCA 094 301 6001
Mandiri 132000 481 974 5
Bank Syariah Indonesia (BSI) 701 551824 8

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

#RumahZakat #Superqurban #KetahananPangan #Qurban #Kurban #BahagiaBerqurban #QurbanKita #YukQurban #DiskonQurban #QurbanDiskon #Diskon #PotonganHarga

Share this Post: