News

NILAH SUMUR RAUMAH, WAKAF SUMBER AIR PERTAMA DI ZAMAN RASULULLAH

Blog Single



Diriwayatkan pada masa Nabi Muhammad SAW, Kota Madinah pernah mengalami paceklik hingga kesulitan air bersih. Karena mereka (kaum muhajirin) sudah terbiasa minum dari air zamzam di Makkah, satu-satunya sumber air yang tersisa, yakni sebuah sumur milik seorang Yahudi, Sumur Raumah namanya. Kaum muslimin dan penduduk Madinah terpaksa harus rela mengantre dan membeli air bersih dari Yahudi tersebut.

Prihatin atas kondisi umatnya, Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat maka akan mendapat surga-Nya Allah Taala.” (HR Muslim)

Menjawab sabda Nabi, Utsman mendatangi pemilik sumur Raumah tersebut. Awalnya ditolak, kemudian Utsman tidak menyerah dengan berbagai cara. Akhirnya dengan taktik cerdas Utsman bin Affan, sumur Raumah dapat dimiliki oleh Utsman kemudian beliau Wakafkan sumur Raumah tersebut.

Sahabat, Tak tanggung-tanggung pahala yang dijanjikan untuk wakaf sumber air ini akan mendapatkan surga-Nya Allah ta’ala. Hal ini menyimpulkan bahwa amal yang bermanfaat bagi lebih banyak orang itu lebih utama.

Follow yuk : @gelombangwakaf.id

Yuk ikuti jejak sahabat Ustman dengan menunaikan wakaf sumber air.
Tunaikan wakaf terbaik anda sekarang juga.


Konsultasi wakaf melalui Wa Center di 0815 7300 1555

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf.

www.rumahzakat.org

#RumahZakat #Wakaf #PrinsipWakaf #SaatnyaWakaf #Pemberdayaan #BerdayaDenganWakaf #GelombangWakaf #SemuaBisaWakaf

Share this Post: