News

SEDEKAH SAMPAH UNTUK OPERASIONAL POSYANDU

Blog Single
PANDEGLANG - Program Sedekah Sampah yang digulirkan Fasilitator Desa Berdaya bertujuan untuk mendorong masyarakat sekitar agar turut aktif dalam keberlangsungan kegiatan posyandu sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Iroh, salah satu kader Posyandu Mekar Arum, selain menjadikan lingkungan bersih, sampah yang terkumpul bisa dijual dan hasilnya digunakan untuk menambah PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan operasional Posyandu.

“Pengunjung Posyandu kan selalu banyak, dengan adanya sedekah sampah ini PMT yang diberikan kepada anak-anak jadi makin beragam,” tambah ibu rumah tangga berusia 39 tahun tersebut.

Kolaborasi pembinaan juga terus dilakukan di Posyandu ini, terutama para kader Posyandu mulai bisa mensosialisasikan program-program yang menjadi arahan dari Bidan Desa dan Fasilitator Desa Berdaya. Program tersebut antara lain Promosi Kesehatan, pelaporan hasil sedekah sampah untuk dijadikan Dana Sehat, serta pendampingan memanfaatkan hasil kebun gizi untuk diolah menjadi makanan tambahan disaat kegiatan posyandu.

“Alhamdulillah dengan adanya pendampingan dari Rumah Zakat, strata Posyandu kami naik level, semoga bukan hanya sampai disini tapi kami juga ingin sampai masyarakat paham bahwa Posyandu itu ada karena kebutuhan masyarakat itu sendiri, sehingga semua masyarakat merasa memiliki,” ujar Nurlaila, Bidan Desa Mekarjaya.
Share this Post: