News

PROGRES EVALUASI MEMBER RUMAH ZAKAT SEKALIGUS PELAJARI MANAJEMEN PENCATATAN KEUANGAN BISNIS AKHIR TAHUN

Blog Single
Rumah Zakat Cilegon menggelar pembinaan wirausaha kepada para member binaan Rumah Zakat di Wilayah Desa Berdaya Kebon Dalem Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon pada Jumat (27/12). Sebanyak 16 member binaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan edukasi kali ini.

Tidak seperti biasanya kegiatan kali ini sengaja dilaksanakan oleh fasilitator selain pemberian materi edukasi juga dilaksnankan Evaluasi penilaian keaktifan para member binaan Rumah Zakat selama tahun berjalan 2019 untuk menumbuhkan motivasi usaha dan peran serta keaktifan para member.

Dalam edukasi wirausaha ini langsung dipandu oleh fasilitator yang memberikan materi mengenai manajemen pencatatan keuangan bisnis. Banyak dari member binaan yang sering mencampur adukkan modal usaha dengan biaya kebutuhan sehari-hari sehingga untuk mendapatkan hasil dan keuntungan yang jelas maka perlu diberikan materi ini secara berkala.

Dalam menjalankan sebuah usaha hal yang penting bagi seseorang pelaku usaha tentunya laba atau keuntungan. Untuk mengatur keuangan dalam suatu usaha maka diperlukan suatu catatan pembukuan dan arus kas serta keluar masuknya uang. ungkap Humaedi.

Tidak hanya itu, usai kegiatan pemberian materi edukasi, para Member binaan pun ikut berdiskusi bersama mengenai keaktifannya dalam menjalankan usaha, hadir dalam.kegiatan edukasi dan aktif dalam komunikasi koordinasi sehingga ada reword khusus dari fasilitator untuk 3 member yang aktif dalam hal tersebut. ketiga member tersebut adalah Husni yg mempunyai usaha gelembung sakti yaitu balon sabun, Pitnawati usaha sebagi penjual ketupak sayur padang dan Retna yang mempunyai usaha Gado gado.

“Saya sangat senang dengan kegitan kali ini, ada banyak ilmu yang saya dapatkan baik dari teori manajemen pencatatan keuangan bisnis dan termotivasi juga untuk lebih aktif dalam kememberan . Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut agar saya dan ibu-ibu lain juga menjadi pengusaha yang sukses,” ungkap Husni, salah satu member binaan.

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #RumahZakat #ZakatAkhirTahun #kemudahanberzakat
Share this Post: