News

Tahukah Kamu? Berenang Itu Banyak Manfaatnya

Blog Single
Sahabat, berenang itu begitu menyenangkan bukan? Banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu berenang juga salah satu olah raga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”. (Dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya)

Nah, selain itu ini dia 6 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan suasana hati (mood)
Ketika kita berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati. Termasuk ketika kita berenang.

2. Membantu mengatasi masalah gangguan tidur
Orang yang sering mengalami gangguan tidur insomnia, dapat merasakan manfaat renang bagi tubuh jika melakukannya secara rutin.

3. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa renang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

4. Membakar kalori dalam tubuh
Jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dilakukan.

5. Mengurangi tingkat keparahan penyakit asma
Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu kita dalam mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat renang bagi tubuh yang satu ini tentu baik bagi penderita asma.

6. Aman dilakukan saat sedang hamil
Manfaat renang bagi tubuh ibu hamil bisa diperoleh berkat air yang membantu dalam menahan beban tubuh ketika ibu hamil sedang berenang.

#TipsKesehatan #RZInspirasi #RumahZakat #Renang #Berenang #OlahRaga #KolamRenang #SunnahNabi #Olahraga #RZTips #KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #Sehat #Bahagia #Kesehatan
Share this Post: