News

QODHO’ DAN FIDYAH PUASA RAMADHAN

Blog Single

Masih punya utang puasa? Atau masih bingung harus puasa atau harus fidyah juga?

Ada yang tidak puasa karena hamil, sakit, safar, ataupun uzur lainnya. Setiap meninggalkan puasa ramadhan berbeda cara menggantinya tergantung bentuk uzurnya.
.
“Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin” (QS. Al Baqarah: 184)

ORANG YANG WAJIB MEMBAYAR FIDYAH

1. Orang Tua Renta “Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin” (QS. Al Baqarah: 184)

Ibnu ‘Abbas mengatakan, “(Yang dimaksud dalam ayat tersebut) adalah untuk orang yang sudah sangat tua dan nenek tua, yang tidak mampu menjalankannya, maka hendaklah mereka memberi makan setiap hari kepada orang miskin”.[12]

2. Orang yang sakit terus menerus sepanjang tahun hanya wajib membayar fidyah dan tidak wajib qadha puasa.

ORANG YANG WAJIB QODHO DAN FIDYAH

1. wanita hamil atau menyusui tidak berpuasa karena khawatir anak yang disusui atau yang dikandungnya membahayakan, namun tidak membahayakan bagi dirinya sendiri, maka wajib fidyah dan qadha puasa, namun jika khawatir membahayakan diri dan anaknya maka yang diwajibkan hanya qadha puasa saja tidak wajib membayar fidyah.

2. wajib membayar fidyah dan qadha puasa bagi orang yang telat menggati puasanya yang tertinggal tahun lalu, yaitu puasa tahun lalu yang tertinggal belum terganti sedang puasa tahun ini sudah masuk berjalan, maka setelah selesai puasa berikutnya wajib diqadha puasa yang tertinggal tahun lalu dan wajib membayar fidyah.

Selain yg tersebut diatas hanya diwajibkan mengqadha' puasa tidak diwajibkan membayar fidyah.

Wallohu A'lam bisshawab

Berikut kami berikan tabel qodho dan fidyah untuk yang meninggalkan puasa ramadhan.
Simak Tabelnya yuk sahabat.

Untuk konsultasi lebih lanjut sahabat bisa menghubungi WA Center di 0815 7300 1555

Transfer Fidyah:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

#RumahZakat #Zakat #Infak #Infaq #Donasi #DonasiOnline #Fidyah #MariBerbagi #SayaBerdaya #Pemberdayaan #Sedekah #Ramadhan #Ramadhankareem #Rinduramadhan #Ramadhaniscoming #Ramadhanremindering #Ramadhanmubarak #Ramadhanberdaya

Share this Post: