News

MENGHITUNG ZAKAT EMAS

Blog Single

Emas wajib dizakati ketika telah dimiliki atau disimpan selama 1 tahun oleh pemiliknya dan telah mencapai nishab 85 gram emas.
.
“…Tidak ada kewajiban atasmu mengeluarkan zakat emas sehingga kamu memiliki 20 dinar. Apabila kamu memiliki emas sebanyak 20 dinar dan telah berjalan satu tahun maka zakatnya dikeluarkan sebesar setengah dinar” (HR. Abu Dawud dan al-Baihaqi)

Zakat emas adalah zakat yang wajib dikeluarkan atas emas dan perak yang dimiliki lebih dari kewajaran, yang telah mencapai haul dan nishabnya.
.
“(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (Q.S. At-Taubah: 35)

Dan hadits Nabi SAW, “Tidak ada seorangpun yang mempunyai emas dan perak yang dia tidak berikan zakatnya, melainkan pada hari kiamat dijadikan hartanya itu beberapa keping api neraka dan disetrikakan pada punggung dan jidatnya.” (HR. Muslim)

Adapun cara perhitungan zakat emas, yaitu:

Besar zakat yang dikeluarkan = Emas yang dimiliki* x Harga emas saat zakat dikeluarkan x 2.5% *BUKAN emas yang digunakan sebagai perhiasan sehari-hari.

Sahabat, marilah kita tunaikan zakat sebagai bukti ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Transfer Zakat:
BNI Syariah 155 555 5589
Mandiri 132000 481 974 5

https://sharinghappiness.org/sedekah/detail/zakat-emas

www.rumahzakat.org

#SaatnyaZakat #SayaBerdaya #RumahZakat #DonasiOnline #Donasi #ZakatEmas #Zakat #ZakatKita #CintaZakat #MariZakat #ramadhanberdaya #ramadhan2019 #ramadan #Ramadhankareem

Share this Post: