News

Keutamaan Ibadah Haji

Blog Single
Sahabat Ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang memiliki banyak sekali keutamaan dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainya, diantara keutamaannya adalah sebagai berikut :

1. Ibadah Haji Merupakan Rukun Islam.

Bahwa Ibadah haji merupakan rukun Islam, dimana kesempurnaan keislaman seseorang tercermin dalam pelaksanaan Ibadah haji ini. Oleh karenanya hendaknya setiap muslim berupaya mulai dengan kesanggupannya untuk melaksanakan ibadah haji.

2. Ibadah Haji Merupakan Amalan yang Paling Utama

Hal ini didasarkan kepada riwayat yang menjelaskan saat Rasulullah ditanya oleh seorang sahabatnya tentang amalan paling utama. Dan Rasulullah memberikan jawaban salah satunya adalah haji yang mabrur.

3. Ibadah Haji Merupakan Jihad

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda,"Jihadnya orang yang telah lanjut usia, orang yang lemah dan kaum wanita adalah melaksanakan haji dan umrah," (HR. An Nasa'i no.2626)

4. Ibadah Haji Akan Menghapuskan Kesalahan dan Dosa

"Barangsiapa yang melaksanakan haji ke Baitullah, kemudian ia tidak rafats tidak berbuat maksiat, maka ia akan kembali seperti dalam keadaan ketika dilahirkan oleh ibu kandungnya." (HR. Bukhari no. 1819)

5. Haji yang Mabrur Akan Mendapatkan Surga

"Umrah yang satu ke umrah yang berikutnya akan menghapuskan dosa diantara keduanya. Dan haji yang mabrur, tidak ada pahala baginya melainkan Surga." (HR. Bukhari no. 1871)

6. Para Jamaah Haji Merupakan Duta Allah

"Orang-orang yang berperang di jalan Allah, orang orang yang melaksanakan haji dan orang orang yang melaksanakan ibadah umroh merupakan duta-duta Allah. Jika mereka memohon kepada-Nya, pasti Allah akan memberikannya." (HR Ibnu Majah no. 2893)

Wallahu alam

Sumber: Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec

#rumahzakat #haji #Ibadahhaji2019 #hajiumroh #makkah #madinah #wukuf #sedekah #zakat #haji #keutamaanhaji #mabrur
Share this Post: