News

IBADAH HAJI MERUPAKAN PUNCAK PENGHAMBAAN SEORANG HAMBA

Blog Single


Melaksanakan ibadah haji merupakan puncak ‘penghambaan’ seorang muslim kepada Allah SWT. Karena dalam pelaksanaannya ibadah haji dilaksanakan dengan dengan segala upaya yang tidak mudah dalam menjalankannya. Mulai dari segi biaya, waktu, tenaga dan fikiran. Hanya dengan rasa ikhlas dan pengharapan ridho Allah SWT semata, yang rela meninggalkan urusan dunia, menuju kepada keharibaanNya serta memenuhi panggilanNya ke Baitullah, seraya mengucapkan “Labbaikallahumma labbaik,,,”

Allah SWT berfirman :
“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa”. (QS. Al-Baqarah : 21)

Jika shalat atau puasa bertujuan untuk menjadikan manusia sebagai insan yang bertakwa, maka hajipun demikian adanya. Ibadah haji melatih manusia untuk selalu menjadi insane bertakwa. Dalam haji kita dilatih dalam mengorbankan waktu, tenaga, biaya, dan banyak lagi demi untuk memenuhi panggilan Allah SWT.

Allah memberikan balasan yang besar kepada orang yang bersungguh-sungguh untuk memenuhi panggilannya. Orang yang berhaji akan mendapatkan ampunan dosa, dijanjikan syurga, dibersihkan jiwanya dari karat-karat perbuatan maksiat , menjadi lebih bersih dan lebih suci, dikuatkan iman, bahkan disebutkan dalam hadist (Bukhari No. 1521) bahwa orang yang berhaji dan ia tidak berkata-kata yang keji serta tidak melakukan perbuatan dosa, maka ia akan kembali seperti hari dimana ia dilahirkan oleh ibunya.

Sumber : Haji dan Umroh Mabrur itu mudah dan indah

Barakallah kepada sahabat yang diberi kesempatan berangkat haji tahun ini. Semoga yang belum bisa berangkat haji tahun ini segera menyusul. Aamiin.

#RumahZakat #Haji #Umrah #RukunHaji #KeutamaanHaji #HajiBernilaiBesar

Share this Post: