News

CALON JEMAAH HAJI, HATI-HATI HEATSTROKE DI TANAH SUCI

Blog Single
Apa itu Heatstroke?

Heatstroke adalah penyakit paling parah yang berhubungan dengan cuaca panas. Umumnya, orang yang menderita heatstroke memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celsius. Ketika suhu tubuh semakin meningkat, biasanya kulit akan mulai memerah.

Bagi Anda yang berniat untuk pergi berhaji, suhu di Tanah Suci bisa mencapai 50 derajat Celcius yang bisa menyebabkan heatstroke dan terjadi akibat kekurangan asupan air, cairan tubuh menguap, keluar banyak keringat sampai kandungan air dalam darah menjadi kering sehingga darah tidak mengalir sampai kepala, maka terjadilah heatstroke.

Untuk menjaga agar stamina dan kesehatan tetap prima, disarankan untuk memperbanyak meminum air, semprot wajah dengan air dan gunakan payung saat berada di luar ruangan.

Heat stroke dapat menyebabkan jamaah haji lemas, pusing, mual, bahkan kematian akibat paparan sinar matahari yang sangat panas. Suhu tubuh yang melonjak dapat menyebabkan organ tubuh gagal berfungsi. "Setelah Anda mencapai titik suhu tertinggi, maka biasanya akan berdampak pada organ, seperti ginjal, hati, jantung dan otak," ujar Douglas Kupas, MD, dokter emergensi di Geisinger Health System. Perubahan mental atau kebingungan juga merupakan tanda mengalami heatstroke.

Ketika mengalami kondisi gejala-gejala ini, segera mencari bantuan medis. Mendapat bantuan secepat mungkin adalah salah satu kunci selamat dari heatstroke.

Dari berbagai sumber.

www.rumahzakat.org

#Heatstroke #Haji #Umrah #TanahSuci #EdukasiHaji #Inspirasi #RumahZakat
Share this Post: