News

Ternyata Wakaf Air Zubaidah Memberi Manfaat Besar bagi Para Jamaah Haji

Blog Single

Zubaidah adalah istri dari khalifah terkenal Dinasti Abbasiyah yaitu Harun Ar Rasyid. Ia dinobatkan sebagai seorang filantropis besar yang menyumbangkan harta bendanya untuk kepentingan rakyat. Salah satu wakaf darinya adalah mata air Zubaidah yang bermuara di Mekah. Saluran air tersebut bersumber dari Wadi Nu’man dengan menggali 100 sumur dari Kufa di Irak hingga ke Mina di Mekah. Di sepanjang jalur terdapat 27 stasiun pengisian air minum sekaligus tempat beristirahat. Biaya untuk membangun saluran air tersebut membutuhkan 1.500.000 dinar dan semua biaya ditanggung oleh Zubaidah sendiri.

Dahulu kala saat pesawat belum ditemukan, perjalanan haji harus menempuh jalan darat melewati gurun tandus dengan cuaca yang sangat panas. Maka mata air Zubaidah memberikan manfaat besar bagi para jamaah haji. Selain itu mata air tersebut memberi manfaat bagi para penduduk Mekah, mereka menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Air juga mengalir ke lokasi ibadah haji lainnya seperti Arafah, Muzdalifah, dan Masy’aril Haram. Wakaf Zubaidah tak hanya disitu. Ia membeli kebun-kebun di sekitar Hunain dan mewakafkannya. Hasil pendapatan digunakan untuk meyediakan air minum bagi para jamaah haji.

Hingga kini para jamaah haji dan umroh masih bisa melihat peninggalan saluran air tersebut yang dinamakan Mata Air Zubaidah. Tunggu selalu update fakta wakaf dari kami di sini ya. See you Sahabat Wakaf!

#gelombangwakaf #rumahzakat #wakafproduktif #wakaftunai #semuabisawakaf #faktawakaf #wakafsumur #wakafsahabat #sejarahwakaf #beritawakaf #wakafsumur #wakafsumberair #wakafuang #wakafonline #wakaf #DimulaiDariWakafKita #KebahagiaanIndonesia

Share this Post: