News

SEDEKAH UNTUK ORANGTUA YANG TELAH WAFAT

Blog Single

SEDEKAH UNTUK ORANGTUA YANG TELAH WAFAT

Sedekah yang dikeluarkan seorang anak untuk salah satu atau untuk kedua orang tuanya yang telah meninggal dunia, maka pahalanya akan sampai kepada keduanya. Selain itu segala amal shalih yang diamalkan anaknya maka pahalanya akan sampai kepada kedua orang tuanya tanpa mengurangi pahala si anak tersebut, sebab si anak merupakan hasil usaha kedua orang tuanya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
.
"Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya". (An-Najm 53:39)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya sebaik-baik apa yang dimakan oleh seseorang adalah dari hasil usahanya sendiri, dan sesungguhnya anaknya adalah hasil usahanya". (HR Ahmad)

Apa yang ditunjukkan oleh ayat Al-Qur`an dan hadits di atas diperkuat lagi oleh beberapa hadits yang secara khusus membahas tentang sampainya manfaat amal shalih sang anak kepada orang tua yang telah meninggal, seperti sedekah, puasa, memerdekakan budak, dan lain-lain semisalnya.

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma bahwasanya ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
.
“Sesungguhnya ibuku meninggal dunia secara tiba-tiba (dan tidak memberikan wasiat), dan aku mengira jika ia bisa berbicara maka ia akan bersedekah, maka apakah ia memperoleh pahala jika aku bersedekah atas namanya (dan aku pun mendapatkan pahala)? Beliau menjawab, “Ya, (maka bersedekahlah untuknya).” (HR al-Bukhari)

Sahabat yuk kita lakukan yang terbaik untuk orang tua kita. Berbakti dengan penuh jika mereka masih ada. Dan persembahkan sedekah jika mereka sudah tidak ada.

Transfer Donasi:
Mandiri 132000 481 974 5
BNI Syariah 155 555 5589

Konfirmasi transfer via WA Center di 0815 7300 1555

Link Sedekah: https://www.rumahzakat.org/donasi/#infak-sedekah

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #DimulaiDariSedekahKita #Zakat #Infak #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHappiness #bahagia #infaq

Share this Post: