News

TERNYATA WAKAF BERPERAN MENANGGULANGI PENYAKIT MENULAR DI ERA KEJAYAAN ISLAM

Blog Single

TERNYATA WAKAF BERPERAN MENANGGULANGI PENYAKIT MENULAR DI ERA KEJAYAAN ISLAM

Saat ini dunia tengah digegerkan dengan hadirnya penyakit Corona, sebuah virus baru yang sangat cepat menular. Jauh sebelumnya, umat manusia di bumi pernah bergulat melawan wabah penyakit mematikan dan salah satunya adalah kusta. Sebagai penyakit tertua di muka bumi, konon para penderita kusta adalah orang terkutuk dan harus diasingkan karena sangat berbahaya. Bahkan bila sudah parah penderita bisa menjadi cacat seumur hidup.

Saat itu era kedokteran belumlah maju seperti sekarang. Eropa masih berada dalam masa kegelapan dan satu-satunya peradaban maju adalah peradaban Islam di bawah kepemimpinan Bani Umayyah. Tepatnya ketika Khilafah dipimpin oleh Walid bin Abdul Malik, beliau mendirikan rumah sakit pertama dalam sejarah Islam. Ia memiliki perhatian khusus kepada penderita kusta dan melarang mereka mengemis bantuan.

Sebagai solusi, dari wakaf ia membuat ruang khusus di rumah sakit untuk merawat penderita kusta, memberlakukan aturan tentang perawatan khusus, dan karantina bagi penderitanya. Bagi penderita kusta yang terlanjur cacat, diberikan pembantu untuk membantu aktivitasnya. Sangat luar biasa karena para pasien tidak dipungut biaya sepeser pun.

Pengelolaan wakaf produktif dan kesadaran umat untuk berwakaf menjadi sumber dana tak terbatas dalam menyediakan layanan kesehatan yang mumpuni.

Sungguh kisah teladan para khalifah Islam bisa menjadi contoh bagaimana wakaf produktif bisa memberi dampak luar biasa di berbagai lini kehidupan termasuk bidang kesehatan.

Semoga virus Corona yang tengah mewabah akhir-akhir ini bisa segera mereda ya dan semoga Allah selalu melindungi kita semua dari penyakit-penyakit berbahaya. Aamiin.

#gelombangwakaf #rumahzakat #wakafproduktif #wakaftunai #semuabisawakaf #faktawakaf #wakafmasjid #sejarahwakaf #beritawakaf #wakafuang #wakafonline #KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #RumahZakat #bahagia #covid19 #viruscorona

Share this Post: