News

H-7 RAMADHAN : Begini Caranya Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Blog Single
Sudah bulan puasa lagi nih. Hati, fisik, dan mental harus kamu persiapkan dengan baik agar bulan puasa ini dapat kamu jalani dengan sempurna. Selain itu semua, kamu juga harus menjaga dan mempersiapkan keuanganmu selama Ramadan. Meski selama sebulan, kamu akan lebih jarang makan karena berpuasa, bukan berarti pengeluaran kamu akan berkurang loh. Biasanya banyak orang yang pengeluarannya malah jadi membengkak selama Ramadan. Mahalnya biaya makan dan ajakan buka puasa bersama atau bukber di luar menjadi faktor utama meningkatnya pengeluaranmu. Maka itu, jangan lupa untuk tetap mengatur keuanganmu ya. Mau tahu caranya? Yuk simak.

1. Buat Rencana Keuangan
Sebelum memulai bulan Ramadan, kamu harus membuat daftar yang jelas untuk menentukan prioritas kamu dalam mengalokasikan penghasilanmu. Sisihkan uang untuk makanan sahur dan berbuka. Tetapkan anggaran yang masuk akal dan sesuai, tidak terlalu kecil, namun juga jangan terlalu besar.
Jangan lupa juga alokasikan uangmu untuk membeli kebutuhan untukmu dan keluarga. Anggaran ini pun tidak boleh ketinggalan, yakni menyisihkan uang untuk bersedekah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Perhitungkan anggaran untuk sebulan ini dengan rinci dan realistis.

2. Selalu Catat Pengeluaran Harian
Hal ini perlu dilakukan untuk memantau ke mana saja uang yang kamu habiskan selama satu hari. Catatan ini dapat dipakai untuk mengingatkan diri kamu untuk terus berhemat dan mengeluarkan uang seperlunya saja. Selain itu, dengan mencatat pengeluaranmu, maka kamu pun secara tidak sadar akan jadi lebih teratur dan berhemat karena selalu tahu berapa banyak uang yang keluar.

3. Tahan Keinginanmu Untuk Berbelanja
Sama halnya dengan menahan hasrat untuk makan dan minum, kamu juga harus bisa menahan keinginanmu untuk berbelanja selama bulan Ramadan. Meski banyak promosi dan diskon menarik yang akan membuat kamu tergiur, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak boros. Penuhi dulu semua kebutuhanmu selama bulan ini, setelah itu barulah pakai uangmu untuk berbelanja. Kendalikan dirimu agar keuanganmu tetap teratur ya.

Mengatur keuanganmu adalah hal yang sangat penting dan sangat perlu dilakukan, terutama pada bulan puasa ini. Karena justru pada bulan inilah keuanganmu bisa jebol dan hidup jadi susah. Mengatur keuangan bukan berarti kamu menjadi pelit dan tidak bisa bersedekah. Jangan jadikan mengatur keuangan alasan untuk tidak berbagi dengan sesama. Membantu orang yang lebih membutuhkan adalah perbuatan baik yang membuat hidupmu semakin bermakna. Buat puasamu jadi penuh berkah dan berarti.

www.rumahzakat.org

#KebahagiaanIndonesia #DimulaiDariKita #DimulaiDariSedekahKita #DimulaiDariZakatkita #SaatnyaZakat #Zakat #Infak #Donasi #Sedekah #RumahZakat #HappinesOfIndonesia #WorldHapiness #ZakatKita #DiselamatkanAllah #EdukasiSedekah #ManfaatSedekah
Share this Post: