News

TERNYATA MASJID FATIH MENJADI BUKTI MASIFNYA PRAKTIK WAKAF DI TURKI

Blog Single
Masjid Fatih disebut juga dengan Fatih Camii adalah simbol kebesaran Islam di Turki. Masjid ini terletak di Istanbul dan berada dalam komplek imaret yang berisi madrasah, masjid, restoran, pasar, penginapan, makam, dan fasilitas umum lainnya. Saat kepemimpinan Al Fatih wakaf berkembang sangat masif, hampir semua sarana publik dibangun dari wakaf orang-orang kaya Islam. Masjid Fatih berdiri sejak tahun 1463 dan dibangun di atas bekas Gereja Rasul Suci Kekaisaran Bizantium. Masjid aslinya rusak hancur karena gempa di tahun 1766 lalu direnovasi besar-besaran di tahun 1771.
Untuk mengenang jasa Muhammad Al Fatih, di pintu masuk masjid tertulis wasiat dari Sang Penakluk Konstantinopel, dengan isi sebagai berikut:
1. Ditugaskan/ditunjuk 10 Hafiz Quran utk membacakan Al Quran setiap hari Jum'at sebelum sholat Jum'at.
2. Ditugaskan/ditunjuk 20 orang sholeh untuk mengkhatamkan Quran setiap hari ba'da sholat subuh.
3. Ditugaskan/ditunjuk 20 orang sholeh untuk membacakan 70.000 kali Kalimat Tauhid setiap hari ba'da sholat subuh.
4. Ditugaskan/ditunjuk 10 orang sholeh untuk membacakan 10.000 kali shalawat kepada junjungan kita Baginda Rasulullah setiap hari ba'da sholat subuh.
Masya Allah, luar biasa sekali ya besarnya pengaruh Muhammad Al Fatih sebagai seorang pemimpin. Semoga kita bisa meneladani dan melakukan kebaikan wakaf yang sama untuk orang di sekitar kita.
Share this Post: